Robot Penjelajah China Kirim Foto Pertama dari Mars

Robot Penjelajah China Kirim Foto Pertama dari Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 20 Mei 2021 10:00 WIB
Foto pertama rover Zhurong dari Mars
Robot Penjelajah China Kirim Foto Pertama dari Mars Foto: dok. CNSA
Jakarta -

China akhirnya merilis foto pertama yang diambil oleh robot penjelajah atau rover Zhurong dari permukaan Mars. Rover ini pertama kali mendarat di Planet Merah pada Sabtu (15/5) sebagai bagian dari misi Tianwen-1.

China National Space Administration (CNSA) merilis dua foto yang dijepret oleh Zhurong, satu foto hitam putih dan satu foto berwarna. Kedua foto ini menampilkan bagian rover dan lander dengan latar belakang Utopia Planitia, dataran yang akan dijelajahi Zhurong dalam misinya.

Foto hitam putih ini diambil menggunakan kamera penghindar rintangan yang ada di bagian depan rover. Foto yang diambil menggunakan lensa wide-angle ini memperlihatkan bagaimana wahana pendarat atau lander mengeluarkan jalur untuk membantu Zhurong menjejaki permukaan Mars untuk pertama kalinya.

Foto pertama rover Zhurong dari MarsFoto pertama rover Zhurong dari Mars Foto: dok. CNSA

Sedangkan foto berwarna diambil oleh kamera navigasi yang berada di dek utama rover. Foto ini memperlihatkan bagian belakang Zhurong dengan antena dan panel suryanya yang sudah terbuka, seperti dikutip dari Space, Kamis (20/5/2021).

Selain foto dari permukaan Mars, CNSA juga merilis dua video singkat yang memperlihatkan momen saat wahana pengorbit dan kapsul pendaratan Zhurong memisahkan diri saat manuver pendaratan. Kedua video ini diambil oleh kamera yang ada di wahana pengorbit.

Foto pertama rover Zhurong dari MarsFoto pertama rover Zhurong dari Mars Foto: dok. CNSA

Foto pertama rover Zhurong dari MarsFoto pertama rover Zhurong dari Mars Foto: dok. CNSA

Suksesnya pendaratan Zhurong di Mars menjadikan China negara kedua yang berhasil mendaratkan rover di Planet Merah setelah Amerika Serikat. Selain Zhurong, saat ini juga ada dua rover milik NASA di Mars yaitu Curiosity dan Perseverance.

Rover seberat 240 kg ini membawa enam instrumen ilmiah yang akan digunakan untuk mempelajari geologi dan iklim di Utopia Planitia. Rover Zhurong dijadwalkan beroperasi selama tiga bulan.

Setelah berhasil mendarat, Zhurong akan mencoba turun dari lander tempatnya bersemayam menggunakan jalur yang telah disediakan dan menjejakkan enam rodanya untuk pertama kalinya di permukaan Mars pada akhir pekan ini.



Simak Video "Rover Zhurong dari China Lalui 100 Hari di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)