9 Fakta Planet Venus, Si Bintang Kejora yang Unik dan Mengerikan

9 Fakta Planet Venus, Si Bintang Kejora yang Unik dan Mengerikan

Tim - detikInet
Sabtu, 15 Mei 2021 07:46 WIB
Venus: Benarkah ada kehidupan di langit planet yang bersuhu sekitar 400 derajat celsius?
Planet Venus. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Planet Venus adalah salah satu obyek paling menarik di Tata Surya. Planet kedua yang paling dekat dengan Matahari ini rupanya punya fakta yang menarik jarang diketahui banyak orang.

Berikut beberapa fakta aneh dan mengerikan mengenai planet yang sering disebut sebagai Bintang Kejora tersebut, dikutip dari Space, Sabtu (15/5/2021):

1. Ada Ribuan Gunung Berapi

Terdapat lebih banyak gunung berapi di Planet Venus dibandingkan di seluruh planet lain di Tata Surya kita. Setidaknya ada 1.600 gunung api di permukaannya dan mungkin lebih banyak lagi yang ukurannya terlalu kecil untuk dilihat dari Bumi. Ilmuwan menyatakan kebanyakan gunung api itu kemungkinan tidak aktif.

2. Satu Hari Sangat Lama

Satu hari di Planet Venus setara dengan 243 hari di Planet Bumi. Itulah waktu yang dibutuhkan Venus untuk berotasi. Sedangkan setahun di Venus, yaitu periode revolusi mengitari Matahari lebih pendek, yakni 224,7 hari di Bumi.

3. Kembaran Bumi

Dari seluruh planet di Tata Surya, Venus disebut paling mirip Bumi. Ukurannya hampir sama, begitupun komposisinya. Orbit Venus pun paling dekat dengan Bumi. Kedua dunia permukaannya relatif muda dan juga memiliki atmosfer tebal. Namun atmosfer Venus didominasi asam sulfur beracun.

4. Panas Luar Biasa

Karena sebagian atmosfer terbuat dari karbondioksida, efek rumah kaca ekstrem menimpa permukaan Venus. Temperaturnya bisa menembus 470 derajat Celcius sehingga tak mungkin mendaratkan wahana apapun di sana yang bisa berumur lama.

5. Tekanan Ekstrem

Tekanan udara di permukaan Venus juga ekstrem, sekitar 90 kali lipat lebih tinggi dibandingkan Bumi. Dengan kata lain, tekanan udara di Venus hampir sama dengan tekanan air di kedalaman 1 kilometer bawah laut Bumi.

6. Bisa Dilihat Melintas Matahari

Venus adalah salah satu planet langka yang bisa dilihat manusia saat melintas di depan Matahari. Selain Venus, hanya Planet Merkurius yang juga seperti itu. Transit Venus melintasi Matahari terjadi ketika ia berlalu di antara Matahari dan Bumi (atau planet lain), membuatnya terlihat di atas Matahari sebagai titik hitam.

7. Planet Paling Cemerlang

Meskipun Venus bukan planet terbesar, jaraknya dengan Bumi membuatnya menjadi planet paling cemerlang saat dilihat dari Bumi. Ia hanya kalah cemerlang dibandingkan Bulan. Begitu terang sehingga pernah ada kasus tahun 2011 di mana pilot Air Canada mengiranya sebagai pesawat yang akan menabraknya.

8. Bikin Penasaran Sejak Zaman Kuno

Venus sudah diamati selama ribuan tahun. Warga Babilonia kuno melacaknya di angkasa pada tahun 1600 Sebelum Masehi. Phytaforas adalah yang pertama menemukan benda yang diduga bintang dan muncul pada pagi dan petang hari adalah obyek yang sama, yaitu Venus.

9. Angin Amat Kencang

Angin menderu-deru di Venus dengan kecepatan yang sangat tinggi. Tercatat bisa mencapai 724 kilometer per jam. Dengan demikian, kecepatan angin di sana lebih hebat dibandingkan angin tornado paling dahsyat di Bumi.



Simak Video "NASA Rencanakan Misi Baru ke Planet Venus"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)