Terungkap! Satu-satunya Rekaman Asli Titanic Sebelum dan Sesudah Tenggelam

Terungkap! Satu-satunya Rekaman Asli Titanic Sebelum dan Sesudah Tenggelam

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 09 Mei 2021 02:45 WIB
Titanic
Foto: Istimewa
Jakarta -

Meski telah melewati beberapa dekade, tenggelamnya kapal Titanic masih menarik diperbincangkan karena menjadi bencana laut paling terkenal dalam sejarah. Fakta terbaru mengungkap hanya ada satu set rekaman film asli Titanic, sebelum dan sesudah tenggelam.

Ini adalah satu-satunya rekaman film asli yang mendokumentasikan hari pelayaran Titanic, serta rekaman situasi saat kapal yang lain pergi mencari korban selamat dan meninggal setelah Titanic tenggelam.

Rekaman itu dimiliki oleh British Pathé, produser newsreels abad ke-20. Film tersebut telah diunggah ke YouTube sehingga bisa dilihat semua orang.

"Rekaman ini berisi satu-satunya cuplikan asli dari Titanic yang dipegang oleh British Pathé. Ada versi yang sedikit berbeda dari film yang dipegang oleh British Movietone dan National Film and Television Archive. Ada duplikasi bagian dari footage ini di tape PM3478," tulis British Pathé dalam deskripsi channel YouTube-nya.

Dikutip dari IFL Science, film tersebut merekam berbagai adegan Titanic sebelum dan sesudah tenggelam dan mendokumentasikan proses serta suasana pencarian korban.

Awal film berdurasi 6 menit 46 detik ini tampak memperlihatkan kapal megah tersebut meninggalkan Belfast menuju Southampton. Setelah adegan demi adegan, tayangan pun menampilkan gunung es di sekitar lokasi bencana hingga proses evakuasi.

Banyak yang menilai ini adalah pemandangan sekilas namun luar biasa mengenai apa yang terjadi dalam bencana lebih dari 100 tahun lalu. Ini juga satu-satunya pemandangan Titanic yang tersisa sebelum perjalanan perdana sekaligus terakhirnya.

[Gambas:Youtube]

(rns/afr)