Bukan Kekaisaran Sunda, yang Diakui Dunia Cuma Sundaland

Bukan Kekaisaran Sunda, yang Diakui Dunia Cuma Sundaland

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 20:35 WIB
Benua Sundaland dan Sahul di Zaman Es
Foto Benua Sundaland yang tenggelam di Zaman Es (detikcom)
Jakarta -

Kekaisaran Sunda Nusantara bikin heboh lagi setelah dulu sempat ada Sunda Empire. Padahal, yang punya dasar ilmiah dan diakui para ilmuwan dunia cuma Sundaland.

Kehebohan pria bernama Rusdi Karepesina yang mengaku Jenderal Kekaisaran Sunda berlanjut dengan pemeriksaan polisi ke kantor mereka. Alex Ahmad yang disebut sebagai Panglima Kekaisaran Sunda Nusantara disebutkan anaknya sudah tidak ikut-ikutan lagi.

Tentu publik masih menunggu apa hasil pemeriksaan polisi. Tapi nampaknya mimpi indah kejayaan tanah Sunda, masih laku dijual.

Padahal, komunitas ilmiah dan para akademisi dunia, hanya mengakui satu nama dan cuma satu itu saja yaitu Sundaland. Sundaland bukanlah istilah politik, melainkan istilah dalam ilmu geologi dan paleontologi.

Kalau Kekaisaran Sunda adalah istilah fiktif tanpa dasar, beda lagi dengan Sundaland. Sundaland adalah sebutan yang diakui dunia dalam forum-forum akademis.

Dihimpun Jumat (7/6/2021) dari serial tulisan Misteri Benua Sundaland yang pernah diulas detikINET tahun silam, Sundaland adalah benua yang ada di Indonesia pada akhir periode Last Glacial atau Zaman Es. Akibat air laut turun 120 meter pada Zaman Es, Indonesia, yang merupakan negara kepulauan, menjelma menjadi sebuah benua besar di bagian barat dan timur.

Laut Jawa, Selat Malaka, Laut Natuna, dan Laut Arafura surut menjadi daratan. Sumatera, Malaysia, Jawa, Kalimantan menjadi satu di barat. Terbentuklah sebuah benua yang besar, tersambung dengan Benua Asia.

Julien Louys, peneliti dari Griffith University, Australia mengatakan suasana di Benua Sundaland adalah padang savana seperti di Baluran. Sedangkan ahli paleontologi ITB, Profesor Yahdi Zaim mengatakan sudah ada kehidupan manusia purba di Sundaland dan beberapa hewan purba seperti gajah purba Stegodon.

Benua Sundaland lalu tenggelam pelan-pelan dari 18 ribu tahun lalu pada masa Last Glacial ke masa Holocene sekitar 12.000 tahun silam. Itu semua akibat pemanasan global dimana permukaan air laut naik 20 mm/tahun. Benua Sundaland pun akhirnya tenggelam sepenuhnya, di masa Holocene 12 ribu tahun silam.

Yang tersisa setelah Sundaland tenggelam adalah rangkaian pulau-pulau. Pulau-pulau inilah yang akhirnya menjadi negara Indonesia.

Nah, dari pada pusing urusan Kekaisaran Sunda Nusantara, lebih baik kita belajar lagi soal Benua Sundaland yang sudah terbukti secara ilmiah dan diakui para ilmuwan dunia. Ada kehidupan apa di sana, tentunya membuat kita ingat lagi asal muasal Indonesia hari ini.

Berikut ini adalah fakta unik Sundaland:

Infografis Fakta Unik SundalandInfografis Fakta Unik Sundaland Foto: (Ahmad Fauzan/detikcom)


Simak Video "Sunda Nusantara: Berawal dari Nopol Nyeleneh Sampai 'Kantor' di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)