NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars

NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 08:33 WIB
Helikopter Ingenuity
NASA Perpanjang Misi Helikopter Ingenuity di Mars Foto: NASA
Jakarta -

Helikopter Ingenuity milik NASA berhasil terbang empat kali di Mars. Setelah sukses dengan misi ini, NASA berencana memperpanjang misi Ingenuity selama 30 hari.

Ingenuity awalnya direncanakan untuk beroperasi selama 30 hari di Mars untuk mendemonstrasikan teknologi NASA dan melihat apakah penerbangan bermesin bisa dilakukan di Mars. Setelah penerbangan kelimanya yang dijadwalkan minggu depan, Ingenuity rencananya akan dipensiunkan.

Tapi, setelah tiga penerbangan pertamanya berhasil dilakukan dengan mulus, NASA memutuskan untuk memperpanjang misi helikopter ini selama 30 hari Mars untuk menguji kemampuannya yang lain.

"Untuk Ingenuity sekarang memasuki fase demonstrasi operasional baru, tim kami sangat senang dan bangga," kata Project Manager Ingenuity di Jet Propulsion Laboratory NASA MiMi Aung, seperti dikutip dari SPace, Senin (3/5/2021).

"Ini seperti Ingenuity lulus dari fase demo uji coba ke, sekarang, fase demo baru, di mana kami bisa menampilkan bagaimana helikopter bisa digunakan," sambungnya.

Setiap Ingenuity lepas landas, rover Perseverance harus tetap mengawasinya dari jarak dekat. Robot penjelajah ini menangkap foto dan video selama Ingenuity mengudara sekaligus menjadi penengah komunikasi antara helikopter dan kontrol di Bumi.

Karena itu misi awal Ingenuity dijadwalkan berhenti setelah 30 puluh hari dan lima penerbangan agar Perseverance bisa lanjut melakukan misi ilmiahnya di permukaan Mars.

Tapi NASA menilai performa Ingenuity sangat memuaskan dan menurut mereka misi helikopter ini bisa dilanjutkan tanpa mengganggu tujuan Perseverance.

Perseverance akan menjaga jaraklebih jauh dari Ingenuity saat fase penerbangan baru, tapi menurut tim NASA keduanya tetap akan bisa berkomunikasi dengan baik. Selain itu, Perseverance tidak akan mendokumentasikan penerbangan Ingenuity di misi selanjutnya.

Fase uji coba selanjutnya yang akan dijalani Ingenuity akan lebih ambisius dibanding penerbangan sebelumnya. Helikopter ini akan mengobservasi target sains yang spesifik di Mars, mencari lokasi yang menarik untuk Perseverance dan mencari zona terbang baru untuk penerbangan selanjutnya.

Ingenuity berhasil melakukan penerbangan keempatnya pada Jumat pagi (30/4) waktu Amerika Serikat setelah sempat tertunda sehari karena masalah teknis. Helikopter ini berhasil terbang lebih jauh dan lebih cepat, sekaligus mencari zona terbang baru yang akan digunakan untuk uji coba selanjutnya.

Penerbangan kelimanya akan dilakukan dalam satu minggu ke depan dan akan jadi perjalanan satu arah ke zona terbang baru.



Simak Video "Detik-detik Ingenuity Melayang Perdana di Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)