7 Alasan Planet Bumi Sempurna untuk Kehidupan

7 Alasan Planet Bumi Sempurna untuk Kehidupan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 22 Apr 2021 15:05 WIB
Kontes fotografi Tournament Earth mempertandingkan 32 foto hasil jepretan astronaut di luar angkasa
Penampakan Planet Bumi. Foto: NASA
Jakarta -

22 April adalah Hari Bumi. Begitu banyak planet di alam semesta, namun sejauh ini, baru Bumi yang terbukti sempurna untuk kehidupan. Nah, faktor apa saja yang menjadikan planet ini sangat ramah bagi makhluk hidup?

Selain alasan jelas seperti melimpahnya udara, air, dan jarak ideal dari Matahari, inilah hal-hal lain yang membuat Bumi sempurna, dikutip detikINET dari Discovery, Kamis (22/4/2021):

1. Bulan
Bumi itu agak miring dan bergoyang saat berotasi, yang sebenarnya bisa menyebabkan perubahan drastis di iklimnya dalam masa ribuan tahun. Namun karena ada Bulan yang punya pengaruh menstabilkan di orbit Bumi, maka iklim di planet ini menjadi jauh lebih stabil.

2. Rotasi yang stabil
Planet tanpa rotasi yang stabil seperti di Bumi mungkin saja tetap dapat ditinggali. Akan tetapi rotasi yang teratur dan frekuensi malam siang di Bumi ini mencegah temperatur ekstrem serta memungkinkan adanya kehidupan.

3. Medan magnet
Bumi diberkati dengan medan magnet yang kuat dan stabil. Medan magnet menjadi semacam perisai bagi sinar kosmis dan badai Matahari berbahaya yang bisa saja 'memanggang' planet ini.

4. Atmosfer
Dalam masa-masa awal kehidupan di planet ini, organisme mirip tanaman membuka jalan bagi makhluk hidup dengan cara memenuhi atmosfer dengan oksigen. Lapisan atmosfer juga melindungi hewan-hewan permulaan dari radiasi mematikan.

5. Terisolasi
Tata Surya kita secara keseluruhan bisa dikatakan terisolasi dalam luasnya alam semesta. Karenanya, Bumi aman dari berbagai bahaya, misalnya tarikan gravitasi kuat dari bintang yang dapat menghancurkan.

6. Matahari yang berumur panjang
Matahari adalah bintang yang kategorinya kurcaci kuning, tipe bintang langka yang ukurannya kecil serta stabil. Umurnya pun sangat panjang, diprediksi baru 5 miliar tahun lagi tamat riwayatnya. Bumi sendiri berumur sekitar 4,5 miliar tahun dan kehidupan baru muncul setengah miliar tahun belakangan. Tanpa bintang yang berumur panjang, tidak ada kehidupan di Bumi ini.

7. Bantuan planet tetangga
Selain dibantu Matahari dan Bulan, ada lagi obyek yang berjasa bagi Bumi, yaitu Planet Jupiter. Planet gas raksasa ini memiliki gravitasi intens yang dapat menangkap komet atau asteroid berbahaya. Itu salah satu sebabnya, asteroid besar menabrak Bumi merupakan kejadian yang sangat langka.



Simak Video "Di Hari Bumi Paus Fransiskus Ingatkan Pentingnya Menjaga Alam"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)