Bumi Rusak Parah, Cuma 3% Ekosistem Daratan yang Masih Utuh

Bumi Rusak Parah, Cuma 3% Ekosistem Daratan yang Masih Utuh

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 20 Apr 2021 08:20 WIB
Foto Bumi dari antariksa
Foto: NASA
Jakarta -

Studi yang dilakukan selama dekade terakhir telah mencoba memetakan bagaimana ekosistem utuh berada dalam skala global menggunakan citra satelit. Ternyata hanya 3% dari ekosistem daratan Bumi yang masih utuh.

Perkiraan para ahli biologi menunjukkan bahwa antara 20% hingga 40% permukaan tanah Bumi dapat dianggap utuh secara ekologis. Tapi apa yang bisa dideteksi oleh satelit adalah ukuran yang buruk tentang seberapa liar habitat sebenarnya. Selain itu, punahnya mamalia dan burung besar melalui perburuan dan masuknya spesies dan penyakit invasif telah mengikis keanekaragaman hayati di kawasan hutan belantara dunia.

Dalam sebuah studi terbaru, Andrew Plumptre, Key Biodiversity Areas Secretariat, Cambridge Conservation Institute, University of Cambridge dan timnya menggunakan definisi berbeda tentang ekosistem utuh yang mempertimbangkan apakah semua spesies yang diketahui terjadi di suatu daerah masih ada, dan apakah mereka cukup melimpah untuk memainkan peran ekologisnya, seperti predator puncak atau benih.

Mereka menetapkan patokan pada AD1500, yang berarti bahwa hanya bagian dunia yang secara ekologis utuh seperti 500 tahun yang lalu dengan spesies yang sama pada tingkat kelimpahan yang sama, dapat dianggap alam liar.

"Kami menemukan bahwa hanya 2,8% dari permukaan tanah Bumi yang cocok dengan deskripsi ini. Petak-petak ini, masing-masing 10.000 kilometer persegi atau lebih besar, tersebar di berbagai tempat di seluruh dunia," tulisnya seperti dikutip dari The Conversation.

Tempat-tempat ini antara lain termasuk Taman Nasional Nouabale-Ndoki di Kongo, Serengeti-Ngorongoro di Tanzania, wilayah adat Alto Rio Negro di hutan Amazon, Great Siberian Polynya di Rusia utara dan Taman Nasional Kawésqar di Chili selatan.

"Ini adalah tempat yang sangat langka dan khusus yang harus dilestarikan, tetapi hanya 11% yang termasuk dalam kawasan lindung," sebutnya.

Dekade restorasi

Hanya sebagian kecil dari ekosistem daratan Bumi yang masih utuh seperti 500 tahun yang lalu. Apa yang mungkin diperlukan untuk memulihkannya?

Di mana suatu spesies telah punah, alam liar asli tidak dapat dihidupkan kembali. Tetapi di mana spesies telah dimusnahkan secara lokal tetapi bertahan di tempat lain, ada harapan untuk memulihkan keutuhan ekosistem dengan memperkenalkan kembali spesies tersebut.



Simak Video "Google Turut Rayakan Hari Bumi"
[Gambas:Video 20detik]