Cat Sakti Diklaim Bisa Selamatkan Bumi dari Pemanasan Global

Cat Sakti Diklaim Bisa Selamatkan Bumi dari Pemanasan Global

Josina - detikInet
Senin, 19 Apr 2021 22:35 WIB
Jared Pike/Purdue University
Foto: Jared Pike/Purdue University
Jakarta -

Tim peneliti dari Universitas Purdue dilaporkan tengah mengembangkan sebuah cat yang diklaim dapat membantu untuk mengurangi pemanasan Bumi.

Cat ini disebut dengan cat 'putih paling putih'. Pemilihan warna putih ini dinilai sebagai warna pilihan populer untuk pendinginan karena dapat membantu memantulkan sinar matahari dan memancarkan panas inframerah.

Cat putih paling putih atau 'whitest white' ini mirip dengan konsep cat Vantablack yang dijuluki sebagai cat hitam paling pekat.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh para ilmuwan, mereka menemukan bahwa cat dengan warna 'putih paling putih' yang mereka kembangkan mereka dapat memantulkan 98% sinar matahari dan memancarkan panas infra merah ke titik di mana ia berhasil mendinginkan permukaan sebesar 4,5C di bawah suhu lingkungan.

Artinya, dengan menggunakan cat ini pengguna bisa mengurangi ketergantungan pada AC, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi emisi karbon. Profesor Xiulin Ruan salah satu dari tim peneliti mengatakan bahwa meskipun dapat memantulkan sinar matahari, itu tidak akan merusak mata manusia.

"Permukaan kita memantulkan sinar matahari secara menyebar, jadi daya yang mengalir ke arah tertentu tidak terlalu kuat. Itu hanya terlihat putih cerah, sedikit lebih putih dari salju, " ujarnya seperti dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Senin (19/4/2021).

Para peneliti memperkirakan bahwa cat buatan mereka yang dapat mengurangi pemanasan bumi ini akan tersedia di pasaran dalam satu atau dua tahun mendatang.



Simak Video "Komitmen AS Menuju Jalur Ekonomi Tanpa Emisi di Tahun 2050"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)