Penampakan Bola Api Raksasa di Langit Hebohkan Florida

Penampakan Bola Api Raksasa di Langit Hebohkan Florida

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 14 Apr 2021 19:12 WIB
Objek misterius berwarna kehijauan di langit Australia
Ilustrasi bola api. Foto: Shaz Hussien/Facebook
Florida -

Warga di wilayah Florida, Amerika Serikat, heboh dengan penampakan bola api raksasa yang melintasi langit. Banyak warga melaporkannya di media sosial, bahkan juga ratusan laporan datang ke lembaga National Weather Service dan juga American Meteor Society.

Tampak dalam berbagai video yang viral, bola api itu terlihat menghujam ke arah Bumi dalam kecepatan tinggi dan seakan meletus. Sebagian netizen juga melaporkan mendengar suara seperti ledakan yang mengiringi kemunculan bola api tersebut.

Banyak yang bertanya-tanya apa yang menyebabkan kemunculan bola api besar tersebut. Adapun pakar menyebutnya sebagai kejadian yang cukup langka.

Mike Hankey, pakar dari American Meteor Society, menyebut bahwa berdasarkan kecepatan dan karakteristiknya, bola api ini kemungkinan berasal dari kepingan asteroid. Bisa jadi berasal dari asteroid yang belakangan mendekati Bumi.

Kepingan asteroid itu kemudian ambyar saat melalui atmosfer Bumi sehingga terciptalah bola api itu. "Ini adalah tipe bola api yang istimewa karena berakhir dengan letusan besar cahaya dan sering juga dengan suara ledakan," sebut Hankey.

Seperti dikutip detikINET dari USA Today, Rabu (14/4/2021), Hankey menambahkan bahwa kemungkinan potongan asteroid yang menyebabkan bola api itu kecil ukurannya. "Sepertinya ukurannya antara bola softball dan basket," pungkas Hankey.



Simak Video "Penampakan Bola Seperti Matahari Melintas di Langit China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)