Ikan Gergaji Terpanjang di Dunia Ditemukan

Ikan Gergaji Terpanjang di Dunia Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 13 Apr 2021 18:42 WIB
Ikan gergaji
Ikan gergaji yang terdampar di pantai Florida. Foto: Fish and Wildlife Research Institute
Florida -

Seekor ikan pari gergaji atau sawfish terdampar dan mati di pantai Florida. Setelah diteliti, ilmuwan menyimpulkan bahwa inilah ikan gergaji terpanjang yang pernah mereka ukur.

Seperti dikutip detikINET dari Live Science, Selasa (13/4/2021), panjang ikan tersebut mencapai 4,9 meter. Sedangkan jenis kelaminnya betina dan ditemukan telur sebesar bola softball di alat reproduksinya. Peneliti kini merisetnya dengan lebih intensif.

"Walaupun merupakan peristiwa yang menyedihkan bahwa hewan besar seperti itu mati, dari sudut pandang sains, kami tahu bisa belajar banyak darinya. Hal itu membuat perasaan kami jadi sedikit lebih baik walau harus kehilangan ikan ini," sebut Gregg Poulakish, ahli biologi di Florida Fish and Wildlife Conservation Commission.

Awalnya, warga setempat melaporkan penemuan bangkai ikan gergaji tersebut. Kemudian aparat lokal mengambilnya dan menyerahkan pada periset sehingga bisa diteliti sampelnya. Ikan gergaji ini telah ditambahkan sebagai spesies langka yang terancam oleh pemerintah federal AS.

Sejauh ini, baru sedikit yang diketahui soal ikan gergaji tersebut, bahkan hal-hal mendasar tentangnya masih misterius. "Bisa sampai seberapa besar mereka? Habitat semacam apa yang mereka butuhkan? Seberapa lama mereka hidup? Kami belum punya jawabannya," papar Gregg.

"Kami bersemangat untuk melihat seberapa tua ikan yang kami dapat itu. Perkiraan saya adalah ia lebih tua dari 14 tahun," tambahnya. Akan diteliti pula penyebab kematiannya karena tidak terdapat luka.

Belakangan ini, penelitian pada ikan gergaji memang kian intensif. Periset secara rutin menangkap dan menandai binatang ini. Mereka juga mengandalkan laporan dari para nelayan kalau melihat ikan tersebut.



Simak Video "Laptop Lelet Pas Baru Dinyalain? Ini Dia Solusinya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)