Kengerian Siklon Seroja di Australia: Banyak Penguin Mati, Rumah Rusak

Kengerian Siklon Seroja di Australia: Banyak Penguin Mati, Rumah Rusak

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 12:05 WIB
Jakarta -

Usai melumat sejumlah wilayah di NTT, Indonesia, Siklon Tropis Seroja melumat Australia. Banyak rumah mengalami kerusakan, penguin-penguin mati bahkan batu penahan ombak pecah berserakan.

Kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja muncul di sepanjang jalurnya dari Negara Bagian Western Australia sampai Victoria, Australia. News.com Australia, Senin (12/4/2021) memberitakan batu-batu penahan ombak berserakan di sepanjang pantai di Victoria akibat diterjang ombak besar seperti di Port Fairy dan Warrnambool.

Sementara itu bangkai anak-anak penguin ditemukan di sepanjang pantai Port Phillip Bay. Direktur Animalia Wildlife Shelter and Rescue, Michelle Thomas mengajak masyarakat bergerak menyelamatkan penguin yang terdampar ke pantai.

Siklon Tropis Seroja dari lautan, naik ke daratan Australia pada Minggu malam dalam status topan Kategori 3, dengan kecepatan 170 km/jam. Sungguh mengerikan!

Pada Minggu pukul 23.00 malam waktu setempat, ia sedikit melemah menjadi 140 km/jam. Siaga satu diberlakukan Departemen Kebakaran dan Emergensi Australia Barat dalam area sepanjang 450 km dari Carnavon sampai Kalbarri.

"Semua warga diminta diam di dalam rumah dan berlindung di bagian terkuat yang ada di rumah," demikian pengumuman mereka.



Saluran telepon dan sinyal seluler terganggu. 65 Persen pasokan listrik terdampak. Dermaga bersejarah One Mile Jetty hancur musnah. Rumah-rumah di Kalbarri juga hancur. Tempat wisata lumba-lumba Monkey Mia Dolphin Resorts juga mengalami kerusakan. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Siklon Tropis Seroja kini menuju daerah Esperance di Australia Barat dengan kecepatan 60 km/jam. Diperkirakan topan ini akan kembali ke lautan di Selatan Australia pada Senin sore.

(fay/fyk)