Australia Deg-degan Didatangi Siklon Seroja dari NTT

Australia Deg-degan Didatangi Siklon Seroja dari NTT

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 10 Apr 2021 22:41 WIB
Jakarta -

Usai menghancurkan wilayah NTT, Indonesia, Siklon Tropis Seroja menuju ke wilayah Australia. Pemerintah Negeri Kanguru pasang kuda-kuda, karena topan ini justru malah semakin kuat.

Kejadian di NTT rupanya dipantau betul oleh Australia, mereka tidak mau kerusakan yang sama terjadi di negara mereka. Apalagi dipastikan kalau Siklon Tropis Seroja menuju ke Australia Barat.

Biro Meteorologi Australia (BOM) dan badan tanggap bencana Western Australia sudah mengeluarkan peringatan siaga biru untuk masyarakat dari Coral Bay sampai Lancelin. Dilansir News.com Australia, Sabtu (10/4/2021) Siklon Tropis Seroja akan naik ke daratan Australia.

Siklon ini akan menyebabkan angin ribut, hujan lebat dan banjir bandang. Zoom.earth memperkirakan badai ini akan masuk ke daratan pada Minggu (11/4) sore waktu Australia.

Yang makin bikin deg-degan adalah, ada topan kedua yang muncul namanya Siklon Tropis Odette di laut lepas Australia Barat. Siklon Odette dan Seroja sempat bertemu jalurnya, namun Odette akhirnya menjauh dari daratan Australia.

Ahli Meteorologi Jonathan How mengatakan interaksi dua topan ini sangat jarang dan sudah lama tidak terjadi di wilayah Australia. Dia berharap Siklon Tropis Seroja akan melemah kekuatannya saat naik ke daratan Australia.

"Seroja akan menguat dan kondisinya akan memburuk di hari Minggu," kata How.

Siklon Tropis Seroja diprediksi akan menerjang Australia dengan kecepatan 125 km/jam, membawa hujan lebat dan gelombang pasang berbahaya. 125 km/jam artinya topan ini lebih kencang daripada mobil di jalan tol. Sungguh mengerikan!

"Hujan dan angin kencang bisa mencapai paling jauh ke selatan sampai Kota Perth," kata How.

(fay/afr)