Karya Leonardo Da Vinci Bukan Cuma Mona Lisa, Ini di Antaranya

Karya Leonardo Da Vinci Bukan Cuma Mona Lisa, Ini di Antaranya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 09:45 WIB
Leonardo da Vinci
Penemuan Leonardo da Vinci. Foto: Ilustrasi: Luthfy Syahban
Jakarta -

Karya Leonardo da Vinci bukan cuma Mona Lisa. Ada juga sumbangsih lain seperti desain tank, senjata, dan barang lainnya yang sangat modern. Padahal Da Vinci sendiri lahir pada tahun 1452, sementara prototype tank pertama baru hadir tahun 1915.

Mengutip dari Open Culture, Leonardo da Vinci adalah salah satu humanis hebat, pemikir dan penemu yang prestasinya mencakup bidang seni, arsitektur, ilmu alam, sampai teknik. Seni adalah hal yang menonjol darinya, sehingga jarang orang menganggapnya sebagai inovator alat-alat praktik contohnya yang digunakan dalam perang.

Dari daftar di situs web Leonardo da Vinci Inventions, dicantumkan beberapa mesin yang dia buat di antaranya dengan mobil lapis baja (pendahulu tank modern), busur silang 86 kaki, hingga meriam tiga barel (pada saat mesiu pun belum digunakan di seluruh dunia).

Banyak dari penemuan Leonardo yang ia torehkan secara detail di catatannya tidak pernah keluar dari ranah teoritis, dengan kata lain belum sempat diwujudkan seumur hidupnya. Beberapa tetap menjadi imajinasi. Tapi seperti yang dilaporkan Nick Squires di Telegraph beberapa tahun lalu, meriam akhir abad ke-15 yang digali di Kroasia ternyata memiliki kemiripan yang mencolok dengan sketsa yang digambar oleh da Vinci.

Tapi selalu ada kejutan dari setiap desain yang diciptakannya. Jika seseorang mencoba mengikuti instruksi dan merakit perangkat militer cerdik lainnya, bersiaplah untuk kecewa. Tom Leonard dari Telegraph mengklaim bahwa Leonardo Da Vinci memasukkan serangkaian kesalahan yang disengaja ke dalam penemuannya untuk memastikan bahwa mereka tidak akan pernah dapat digunakan.

Karya Leonardo Da Vinci bukan cuma Mona Lisa. Ada juga sumbangsih lain seperti desain tank, senjata, dan barang lainnya yang sangat modern. Padahal Da Vinci sendiri lahir pada tahun 1452, sementara prototype tank pertama baru hadir tahun 1915.Mengutip dari Open Culture, Leonardo da Vinci adalah salah satu humanis hebat, pemikir dan penemu yang prestasinya mencakup bidang seni, arsitektur, ilmu alam, sampai teknik. Seni adalah hal yang menonjol darinya, sehingga jarang orang menganggapnya sebagai inovator alat-alat praktik contohnya yang digunakan dalam perang.Dari daftar di situs web Leonardo da Vinci Inventions, dicantumkan beberapa mesin yang dia buat di antaranya  dengan mobil lapis baja (pendahulu tank modern), busur silang 86 kaki,  hingga meriam tiga barel (pada saat mesiu pun belum digunakan di seluruh dunia).Desain tank dari Leonardo da Vinci. Foto: Open Culture

"Ketika tank, alat yang mirip bentuk kura-kura, diuji oleh Angkatan Darat, langsung diketahui bahwa persnelingnya dipasang menghadap satu sama lain," katanya.

Leonardo mungkin melumpuhkan desainnya sendiri untuk melindunginya dari pencurian desain. Bisa jadi dia menyadari bahwa anggota militer akan tertarik dengan desain miliknya sehingga dicoba untuk diterapkan di medan perang.

Leonardo da Vinci meninggal beberapa ratus tahun lalu. Kini tank, senapan mesin, dan yang lainnya telah berubah menjadi tontonan mengerikan yang umum di sebuah medan perang.



Simak Video "Polres Gowa Ungkap Kasus Penemuan Jasad Bayi, Ibu Jadi Pelaku Pembuangan"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)