Foto Menakjubkan Bukit Pasir Beku Warna Merah di Mars

Foto Menakjubkan Bukit Pasir Beku Warna Merah di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 01 Apr 2021 16:15 WIB
Bukit pasir beku di Mars
Penampakan bukit-bukit pasir beku di Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Permukaan Planet Mars beragam jenisnya, termasuk bukit-bukit pasir yang kali ini ditangkap dalam keadaan beku. Pemandangannya pun jadi menakjubkan.

Dijepret dari orbit Mars oleh wahana milik NASA, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) yang memakai kamera powerful bernama HiRise, foto yang belum lama ini dipajang di Instagram NASA itu memperlihatkan bukit-bukit warna merah dengan garis-garis hitam dan putih.

"MRO memancarkan kembali foto istimewa yang diambil dari Planet Mars, dijepret oleh kamera HiRISE powerful kami, yang kali ini memperlihatkan gambar mengagumkan bukit-bukit pasir yang beku," tulis NASA dalam caption yang dikutip detikINET, Kamis (1/4/2021).

"Ladang dari bukit-bukit pasir ini menempati sebuah kawah yang sepanjang 5 kilometer, ditemukan di daratan tinggi utara Mars. Belang-belang dan fitur lainya adalah hasil dari es yang menyublim," tambah lembaga antariksa Amerika Serikat ini.

Kamera HiRISE sendiri telah mengorbit bersama MRO dan mempelajari Mars sejak tahun 2006. Berkat teknologi yang dibenamkan, kamera ini mampu menangkap permukaan Mars dengan resolusi yang detail.

Di sisi lain, banyak wahana mengorbit di Mars untuk menggelar penelitian. NASA memiliki Mars Reconnaissance Orbiter, Mars Odyssey dan Maven. Lalu lembaga antariksa Eropa, European Space Agency (ESA), tercatat punya Mars Express dan ExoMars Trace Gas Orbiter.

Ternyata, lembaga antariksa India yaitu Indian Space Research Organzation memiliki Mars Orbiter Mission yang juga dikenal dengan nama Mangalyaan. Pesawat ini mengorbit di Mars sejak 24 September 2014.

Terbaru adalah wahana Tianwen-1 dari China dan Hope dari Uni Emirat Arab. Kedua negara adalah pendatang baru dalam misi penelitian langsung di Planet Mars.



Simak Video "Suara Angin yang Terekam dari Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)