Bill Gates Dukung Upaya Gila Redupkan Matahari

Bill Gates Dukung Upaya Gila Redupkan Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 05:45 WIB
Salah satu keistimewaan Pantai Senggigi di Lombok adalah sunset yang cantik saat senja. Langitnya kuning keemasan, matahari tenggelam. Aktivitas nelayan di pinggir pantai menambah pesona pantai barat di Pulau Lombok itu, Selasa (16/12/2014).
Matahari (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Jakarta -

Berbagai cara dilakukan ilmuwan sebagai solusi persoalan perubahan iklim, termasuk ide-ide yang di luar kelaziman, seperti misalnya meredupkan Matahari. Ada bahaya di balik upaya yang didukung pendanaannya oleh Bill Gates ini.

Proses skala besarnya yang disebut solar geoengineering, merupakan konsep yang dianggap cukup mengerikan sehingga mungkin hanya akan digunakan seandainya di masa depan, terdapat area dengan luas signifikan di Bumi yang terlampau panas untuk ditinggali.

Hal itu dikatakan oleh salah satu pemimpin riset ini, Profesor Frank Keutsch dari Universitas Harvard. Dikutip detikINET dari Newsweek, Selasa (30/3/2021) jika tidak ada aral melintang, uji coba akan dilakukan menjelang akhir tahun ini.

Secara teori, inti dari gagasan ini adalah memantulkan kembali cahaya Matahari ke angkasa dengan bahan kimia yaitu kalsium karbonat. Rencananya dalam uji coba, bahan itu akan disebarkan oleh balon yang terbang tinggi dan akan dipelajari risikonya.

Bahayanya adalah, menyebarkan bahan kimia ke orbit itu melawan hukum alam. Bisa jadi cuaca akan menjadi sukar diprediksi dan menyebabkan kekeringan yang pada gilirannya membuat pasokan bahan pangan tersendat. Maka studinya harus dilakukan dengan komprehensif.

"Keputusan yang kita hadapi saat ini adalah apakah akan mempelajarinya dengan serius. Menginvestigasi dengan seksama apa saja risikonya dan seberapa baik hal itu bekerja akan menyediakan informasi lebih baik bagi generasi masa depan," cetus David Keith, juga dari Harvard.

"Hal ini tidak menjamin mereka akan membuat keputusan yang tepat. Namun dalam pandangan saya, kita memiliki tugas untuk menyediakan mereka dengan informasi itu, sehingga mereka bisa mengambil keputusan dalam menghadapi risiko mengerikan perubahan iklim," tambah dia.

Proyek menangkis sinar Matahari yang disebut sebagai Stratospheric Controlled Perturbation Experiment ini didanai sebagian oleh Harvard University Solar Geoengineering Research Program (SGRP), lembaga yang didanai oleh Yayasan Bill Gates.



Simak Video "Awal Pertemuan Bill Gates dan Melinda di Microsoft hingga Punya 3 Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)