Gambaran Ketika Matahari Mati 5,5 Miliar Tahun Mendatang

FotoINET

Gambaran Ketika Matahari Mati 5,5 Miliar Tahun Mendatang

Pool - detikInet
Rabu, 27 Jan 2021 08:00 WIB

Jakarta - Kontributor Forbes Jamie Carter mencoba memberikan gambaran ketika Matahari meredup lewat ilustrasi dari foto-foto nebula yang diambil teleskop luar angkasa.

nebula

Kita hidup di planet yang mengorbit bintang yang awalnya kecil, kemudian berkembang menjadi sangat terang sebelum akhirnya meledak dan menyebarkan atom melintasi Bima Sakti. Kira-kira Matahari seperti pada foto nebula Helix. Gambar ini adalah salah satu yang terbesar dan terinci yang pernah dibuat. Pada jarak 650 tahun cahaya, nebula Helix adalah salah satu nebula planet terdekat ke Bumi. Foto: NASA/NOAO/ESA/Tim Nebula Hubble Helix/M. Meixner (STScI)/Rector TA (NRAO) via Forbes.

nebula

Matahari memadukan atom hidrogen menjadi atom helium. Ini adalah fusi nuklir dan menghasilkan energi yang luar biasa. Ini adalah gambar Ant Nebula (Menzel 3, atau Mz3). Gambar ini secara langsung menantang gagasan lama tentang tahapan terakhir dalam kehidupan bintang. Dengan mengamati bintang mirip Matahari saat mendekati kematiannya, gambarĀ  Mz3, bersama dengan gambar nebula planet lainnya, menunjukkan bahwa nasib Matahari kita mungkin akan lebih menarik, kompleks, dan mencolok daripada yang dibayangkan para astronom beberapa tahun yang lalu. Foto: NASA via Forbes.

nebula

Dalam waktu sekitar 5,5 miliar tahun, Matahari akan kehabisan hidrogen dan mulai mengembang karena helium terbakar. Ia akan berubah dari raksasa kuning menjadi raksasa merah, mengembang di luar orbit Mars dan menguapkan Bumi. Gambar ini menunjukkan salah satu nebula planet paling kompleks yang pernah dilihat, NGC 6543, yang dijuluki Nebula Mata Kucing. Teleskop Hubble mengungkapkan struktur rumit yang mengejutkan. Diperkirakan berusia 1.000 tahun, nebula tersebut adalah rekaman visual 'fosil' dari dinamika dan evolusi akhir bintang yang sekarat. Foto: SSPL via Forbes

nebula

Apakah Matahari sebagai raksasa merah kemudian akan menjadi supernova? Sepertinya tidak, karena ia tidak memiliki cukup massa untuk meledak. Sebaliknya, ia akan kehilangan lapisan terluarnya dan mengembun menjadi bintang katai putih dengan ukuran yang sama dengan Bumi sekarang. Foto ini menunjukkan nebula IC 3568 di konstelasi Camelopardalis pada jarak sekitar 9.000 tahun cahaya, dan memiliki diameter sekitar 0,4 tahun cahaya (atau sekitar 800 kali diameter tata surya kita). Ini adalah contoh nebula planet bulat. Foto: NASA/AFP via Forbes

nebula

Awan debu yang dikeluarkan oleh Matahari kita yang sekarat sebagai katai putih dan terlihat di sekitar Matahari, itulah yang akan menjadi warisan kita, nebula planet yang spektakuler. Nebula planet adalah gas bercahaya di sekitar bintang mirip Matahari yang sekarat. Penampakannya kira-kira seperti foto NGC 5189 berikut ini, sebuah nebula planet yang berjarak 1.800 tahun cahaya di konstelasi selatan Musca. Foto: NASA/ESA/Hubble Heritage Team via Forbes.

nebula

Awan debu akan memancarkan sinar ultraviolet dari Matahari sebagai katai putih. Pada saat itu, awan debu mungkin akan tampak seperti foto nebula Ikan Pari yang diabadikan teleskop luar angkasa Hubble pada 2 April 1998 ini. Nebula planet akan menjadi tahap terakhir dan cukup singkat dalam kehidupan bintang berukuran sedang seperti Matahari kita. Foto: NASA via Forbes

nebula

Saat Matahari meninggalkan nebula, ia tidak lagi berada di Bima Sakti. Ketika Matahari meninggalkan nebula, mungkin dia akan menyebar dengan bentuk tertentu, seperti bentuk kupu-kupu yang muncul dari nebula NGC 6302. Foto: NASA via Forbes.

nebula

Satu miliar tahun sebelum Matahari meledak, Bima Sakti akan bertabrakan dan bergabung dengan Galaksi Andromeda. Saat ini, ada galaksi besar terdekat dengan kita pada 2,5 juta tahun cahaya. Tabrakan keduanya diperkirakan akan menciptakan galaksi masif baru. Ini adalah pemandangan megah sebuah nebula planet, sisa-sisa bersinar dari bintangnya mirip Matahari yang sekarat. Nebula ini dijuluki nebula Eskimo (NGC 2392) karena penampakannya menyerupai wajah yang dikelilingi oleh jaket bulu seperti orang Eskimo. Foto: SSPL via Forbes.

nebula
nebula
nebula
nebula
nebula
nebula
nebula
nebula
(/)