5 Kejadian Meteor Jatuh di Indonesia, Pernah Timpa Rumah Warga

5 Kejadian Meteor Jatuh di Indonesia, Pernah Timpa Rumah Warga

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 18 Mar 2021 20:30 WIB
Mungkinkah batu meteor bernilai puluhan miliar rupiah?
Meteor jatuh di Indonesia. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Meteor jatuh di Sulteng bikin banyak orang terkejut. Tapi sebelum kejadian itu, sudah ada beberapa fenomena serupa yang bikin geger juga sampai menimpa rumah.

Dirangkum detikINET, berikut ini adalah kejadian meteor jatuh yang ada di Indonesia. Adakah yang masih kamu ingat sampai sekarang?

1. Meteor jatuh di Sulteng

Baru-baru ini heboh kejadian di langit Pantai Pagimana, Kecamatan Pagimana, Binggai, Sulawei Tengah yang terindikasi kuat sebagai meteor. Pada sekitar pukul 21.00 WITA, warga merekam fenomena yang menunjukkan adanya kilatan cahaya dan suara ledakan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan hal ini melalui keterangan tertulis.

"Berdasarkan rekaman video yang ada, terdapat indikasi kuat bahwa kilatan tersebut dihasilkan oleh bolide yang merupakan meteor berukuran beberapa puluh sentimeter yang terbakar dan meledak di atmosfer," ujar Peneliti LAPAN Rhorom Priyatikanto, sebagaimana diulas CNN Indonesia.

2. Meteor jatuh di Bone, Sulawesi Selatan

Kejadian pada 8 Oktober 2009 ini mungkin masih membekas di sebagian benak masyarakat. Bagaimana tidak, meteorit tersebut menimbulkan ledakan yang sempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah.

Peneliti LAPAN memperkirakan ledakan keras di udara terjadi karena benda langit yang jatuh, yakni meteorit yang tergolong cukup besar.

Sementara itu, menurut analisis dari NASA, dentuman ini disebabkan oleh asteroid yang memasuki atmosfer Bumi dan meledak. Analisis infrasound International Monitoring System (IMS) Infrasound Station of the Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization (CTBTO) menemukan adanya asteroid berdiameter 5-10 meter dengan energi ledakan setara 50 kiloton TNT.

3. Meteor di Duren Sawit, Jakarta

Pada 2010 silam, tiga rumah yang terletak di Jl Delima II, Duren Sawit, Jakarta Timur rusak karena terhantam meteorit. Ledakan yang terdengar pun cukup keras.

Rumah milik salah satu warga, Sudarmojo, mengalami kerusakan paling parah dibanding dua rumah tetangganya, Susanti dan Marzuki. Lantai dua rumah Sudarmojo ambrol akibat ledakan itu. Bagian atap rumah yang terbongkar terlihat jelas dari lobang di lantai dua, dari lobang itu pula perabotan berjatuhan ke lantai satu.

4. Meteor jatuh di Gianyar, Bali

Terdapat benda langit yang jatuh di areal persawahan di Desa Sukawati, Gianyar, Bali pada 2008. Benda itu lolos dari gesekan atmosfer dan menggegerkan warga.

Ledakan itu menyisakan lubang berdiameter satu meter dengan kedalaman sekitar 30 cm. Sebelum ledakan, warga menyaksikan cahaya terang yang melesat ke Bumi.

5. Meteor di Bengkulu

Tahun 2015, polisi dan TNI menyisir lokasi diduga jatuhnya benda antariksa sekitar hutan Desa Pelalo, Kelingin, Kepahiang, Bengkulu. Saat diselidiki, mereka hanya menemukan sisa bakaran.

Salah seorang warga melaporkan, dia sempat melihat benda asing seperti meteor jatuh ke bumi. Namun tak sempat merekam.

"Jatuhnya dari arah langit turun ke bumi. Seperti meteor. Sebelum sempat saya rekam dengan kamera apinya padam," kata Vilyan Alfaqih, warga Lebong Selatan saat itu kepada detikcom.

Sementara itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan berdasarkan pantau LAPAN, tidak ada benda antariksa yang jatuh ke Bengkulu. Namun, jika warga mendengar dentuman, bisa jadi memang kejadian tersebut disebabkan oleh meteorit.

(ask/ask)