Istri Bill Gates Ramal Kapan Dunia Capai Herd Immunity

Istri Bill Gates Ramal Kapan Dunia Capai Herd Immunity

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 14:42 WIB
Melinda Gates
Melinda Gates. Foto: Instagram
Jakarta -

Herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona adalah sesuatu yang sudah ditunggu-tunggu. Kira-kira kapan akan tercapai secara global? Melinda Gates mengutarakan ramalannya.

Pada dasarnya, herd immunity adalah kondisi saat sejumlah orang dalam populasi punya daya imun yang sangat baik sehingga tahan penyakit, dalam hal ini adalah virus Corona. Adanya herd immunity memungkinkan penyakit tidak menyebar lebih luas dan bisa ditahan.

Istri Bill Gates itu menyatakan, vaksin Corona yang telah tersedia masih dalam proses distribusi dan belum akan mencapai negara-negara berkembang secara massal sampai akhir tahun 2021 ini. Maka terkait faktor tersebut, ia memprediksi herd immunity akan dicapai tahun depan.

"Jadi akan terjadi suatu waktu di tahun 2022 sampai kita punya herd immunity secara penuh," kata Co Chair Bill and Melinda Gates Foundation ini, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Rabu (10/2/2021).

"Dan boy, saya pikir kita semua menantikan untuk itu. Ada banyak orang yang menderita, tidak hanya di Amerika Serikat tapi juga di mana-mana," tambah Melinda Gates.

Tersedianya vaksin dalam jumlah besar di negara berkembang memang dipandang sebagai cara mencapai herd immunity secara global. Sebelumnya, sang suami Bill Gates menyatakan vaksin Corona yang ampuh adalah keajaiban yang akan mengalahkan Corona. Namun, banyak negara kaya menimbun vaksin Corona sehingga negara lain terbatas pilihannya.

"Vaksin hanya menuju ke negara-negara kaya dan ini menjadi fokus yayasan Gates Foundation untuk mendapat pabrik tambahan, seperti pabrik besar di India. Itu sudah dilakukan untuk vaksin AstraZeneca dan segera juga Johnson & Johnson serta Novavax," jelas Bill Gates baru-baru ini.

Pada beberapa bulan mendatang, situasi mungkin sudah cukup normal, khususnya di Amerika Serikat. Namun menurut suami Melinda Gates, tindakan yang dilakukan untuk mengakhiri pandemi secara global belum cukup sehingga pulihnya dunia bisa memakan waktu lebih lama.



Simak Video "Epidemiolog: Jakarta akan Sulit Mencapai Kekebalan Komunal"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)