Sebelum Hari Kartini, Astronaut NASA Siap Dikirim Lagi ke Luar Angkasa

Sebelum Hari Kartini, Astronaut NASA Siap Dikirim Lagi ke Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 10 Mar 2021 07:48 WIB
Peluncuran misi SpaceX Crew-1
Foto: (NASA/Aubrey Gemignani)/NASA/Aubrey Gemignani
Jakarta -

Kolaborasi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan SpaceX akan kembali berlanjut. Jadwal peluncuran astronaut NASA telah ditetapkan, yang mana akan dilakukan sebelum Hari Kartini.

Sebelumnya peluncuran awak akan berlangsung pada 22 April, tetapi kemudian berdasarkan hasil kesepakatan jadwal peluncuran dimajukan menjadi 20 April mendatang.

Dilansir dari Reuters, Rabu (10/3/2021) jadwal peluncuran astronaut jilid kedua itu berdasarkan waktu penerbangan yang tersedia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), didorong oleh mekanisme orbital yang akan menjaga kebutuhan astronaut untuk tidur seminimal mungkin.

Dalam misi peluncuran ini, ada penumpang yang di antaranya dua astronaut NASA, yaitu Shane Kimbrough dan Megan McArthur. Lalu, ada astronaut Badan Antariksa Jepang (JAXA) Akihiko Hoshide dan astronaut Badan Antariksa Eropa (ESA) Thomas Pesquet.

Misi yang dinamakan SpaceX Crew-2 ini akan menggunakan kapsul Crew Dragon yang didorong roket Falcon 9 untuk membawa empat awak tersebut mencapai ISS di lintasan orbit Bumi.

Sama seperti pada misi SpaceX Crew-1, pada misi SpaceX Crew-2 ini akan mengangkasa dari Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Kimbrough, McArthur, Hoshide, dan Pesquet dijadwalkan menjalankan misi dan menjadi penghuni di ISS selama enam bulan. Sedangkan, SpaceX Crew-1 akan kembali ke Bumi pada awal Mei.

Ada fakta menarik di misi SpaceX Crew-2 ini, McArthur akan menjadi orang kedua dari keluarganya yang menumpang Crew Dragon. Suami McArthur, yaitu Bob Behnken, merupakan salah satu dari dua astronaut NASA pada peluncuran Crew Dragon berawak pertama pada Agustus 2020.

Peluncuran Bob Behnken dan Doug Hurley merupakan misi bersejarah bagi NASA. Sebab, badan antariksa tersebut terakhir kali mengirim astronaut mereka ke luar angkasa menggunakan pesawat ulak-alik pada tahun 2011. Astronaut NASA pun dikirim menggunakan SpaceX, sebuah perusahaan swasta yang dinahkodai Elon Musk.



Simak Video "Mendarat di Bumi, Astronaut SpaceX 'Nyemplung' di Laut "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)