Riset: Anak-anak Jadi Penyebar Corona B117

Riset: Anak-anak Jadi Penyebar Corona B117

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 16:47 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Studi: Anak-anak Jadi Penyebar Corona B117 (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Jakarta -

Anak-anak memainkan peran besar dalam menyebarkan strain Corona B117 dibandingkan varian asli, berdasarkan hasil riset sekelompok tim peneliti di Belanda.

Dikutip dari NL Times, Jumat (5/3/2021) lembaga kesehatan GGD Rotterdam-Rijnmond dan Erasmus MC di Belanda menyimpulkan hal tersebut dalam sebuah penelitian yang mereka lakukan di Lansingerland.

"Jika virus Corona didiagnosis pada setidaknya dua orang dalam satu rumah, anak-anak dengan varian Corona B117 lebih mungkin menjadi orang-orang yang membawa virus pulang dan menginfeksi orang lain," kata para peneliti.

Meski demikian, disebutkan pula dalam studi ini peran anak dalam penyebaran virus Corona terbilang masih kecil. Tapi bagaimana pun, kewaspadaan tetap diperlukan untuk mencegah kemungkinan terburuk.

GGD Rotterdam-Rijnmond dan Erasmus MC melakukan pengujian virus Corona skala besar di Lansingerland setelah terjadinya wabah virus Corona B117. Jenis ini terdeteksi di sebuah sekolah di Berschenhoek. Ditemukan bahwa wabah tersebut sebagian besar menular secara terbatas di sekolah dan tidak menyebar ke seluruh kota secara luas.

Varian Corona B117 pertama kali terdeteksi di Inggris pada September 2020. Mutasi virus ini dengan cepat menyebar ke luar Inggris hingga ke sejumlah negara lain hingga akhirnya ke Indonesia. Dalam laporannya, Inggris menyebutkan Corona B117 lebih mudah menular dibandingkan dengan varian lainnya.

Berdasarkan hasil analisis pada populasi terdampak di Inggris, Corona B117 40% - 70% lebih cepat menular. Hanya butuh dua bulan untuk menyumbang seperempat kasus infeksi di London. Berselang satu bulan setelah ditemukan pertama kali pada September 2020, Corona B117 menyumbangkan 60% angka kasus terinfeksi COVID-19 di kota tersebut.



Simak Video "Jokowi Imbau Warga Tak Khawatir soal Mutasi Corona B117"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)