Celaan dan Pujian Bill Gates untuk Elon Musk

Celaan dan Pujian Bill Gates untuk Elon Musk

Tim - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 06:15 WIB
Bill Gates vs Elon Musk
Elon Musk dan Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Elon Musk kini menjelma menjadi salah satu pentolan teknologi tenar, tak kalah dari Bill Gates. Sang pemimpin Tesla dan SpaceX itu pun belakangan menarik perhatian Bill Gates yang beberapa kali berkomentar mengenai sosok Musk. Berikut sebagian pendapat Gates soal sosok Elon Musk yang dihimpun dari berbagai sumber:

Kritik dan Pujian Pada Tesla

Bill Gates mengaku tidak memakai Tesla melainkan Porsche Taycan yang disebutnya sangat keren. Selain itu, dia pernah menyindir rencana Elon Musk dan Tesla dalam membuat truk bertenaga listrik.

"Masalahnya, baterainya besar dan berat. Bahkan dengan terobosan teknologi baterai, kendaraan listrik mungkin bukan solusi praktis untuk truk panjang, kapal kargo atau pesawat penumpang," tulisnya.

"Listrik bekerja saat kalian perlu pergi dalam jarak pendek, tapi kita perlu solusi berbeda untuk kendaraan berat dan menempuh perjalanan panjang," sebut Gates, sembari mengusulkan truk atau sejenisnya memakai bahan bakar biofuel.

Belakangan, ia berbalik memuji Tesla dan Elon Musk. "Dia berkontribusi dalam beberapa cara. Produk Tesla itu kuat. Ia memaksa semua perusahaan mobil untuk memperhatikannya, apakah mereka bisa menyamai apa yang telah ia lakukan di situ," sebut Bill Gates

Pujian untuk Kontribusi Pada Solusi Perubahan Iklim

"Dia suka untuk mengetengahkan ide-ide yang liar. Kita membutuhkan ratusan sosok seperti Elon Musk dan itulah bagaimana kita bisa menyelesaikan hal ini (bahaya perubahan iklim)," sebut Gates.

"Yah, penting untuk mengatakan bahwa apa yang Elon lakukan dengan Tesla adalah salah satu kontribusi terbesar terhadap perubahan iklim yang pernah dilakukan siapa pun. Dan tahukah kamu, meremehkan Elon bukanlah ide yang bagus," pujinya di lain kesempatan.

Bill Gates pun menyarankan agar orang pindah ke mobil listrik. Pasalnya, dunia hanya punya waktu sekitar 3 dekade untuk mengeliminasi emisi gas rumah kaca atau akan ada bencana seperti suhu yang terus meningkat.

Namun demikian, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. "Pada dasarnya kita belum banyak pada hal-hal seperti baja, semen, daging. Listrik, kendaraan penumpang, adalah sepertiga dari masalah. Jadi kita harus mengerjakan lagi dua pertiganya," papar Bill Gates.