Miliarder Jepang Mau Ajak 8 Orang Pergi ke Bulan Naik Roket SpaceX

Miliarder Jepang Mau Ajak 8 Orang Pergi ke Bulan Naik Roket SpaceX

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 18:08 WIB
Yusaku Maezawa
Miliarder Jepang Cari 8 Orang untuk Jalan-jalan ke Bulan Naik Roket SpaceX (Foto: Instagram/@yusaku2020)
Jakarta -

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa mencari delapan orang untuk diajak jalan-jalan ke Bulan menggunakan roket Starship milik SpaceX. Misi pribadi bertajuk dearMoon ini direncanakan mengangkasa pada tahun 2023.

"Saya ingin orang-orang dari semua latar belakang untuk bergabung," kata Maezawa dalam video yang diunggah di YouTube, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (3/3/2021).

"Akan ada 10 sampai 12 orang secara total, tapi saya akan mengundang delapan orang untuk pergi bersama-sama," sambungnya.

Maezawa terpilih menjadi penumpang roket Starship pertama pada tahun 2018. Saat mengumumkan misi ini tiga tahun yang lalu, pendiri peritel fashion Zozotown ini mengatakan ia akan mengundang enam sampai delapan seniman untuk jalan-jalan mengelilingi orbit Bulan selama enam hari.

Tapi dalam pengumuman terbaru ini Maezawa mengatakan mengubah rencananya. Tidak hanya seniman, ia mengundang semua orang untuk bergabung asal mereka melakukan sesuatu yang kreatif. Ia pun memiliki dua kriteria utama yang dicari dari penumpang terpilih.

"Apapun aktivitas yang kamu lakukan, dengan ke luar angkasa, saya harap kamu bisa mendorongnya lebih jauh untuk membantu orang lain dan masyarakat umum," ucap pria dengan kekayaan Rp 28 triliun ini.

"Kedua, kamu harus ingin dan mampu mendukung awak lainnya yang memiliki aspirasi serupa," imbuhnya.

Saat ini pra-pendaftaran sudah dibuka di situs dearMoon sampai 14 Maret. Proses screening awal akan dimulai pada 21 Maret, diikuti dengan wawancara akhir dan pemeriksaan kesehatan pada bulan Mei.

Dalam video tersebut Maezawa tidak menjelaskan secara rinci proses pemilihan kandidat. Tapi ia memastikan akan membayar semua kursi di penerbangan tersebut menggunakan uangnya sendiri, jadi kandidat yang terpilih akan terbang ke Bulan dengan gratis.

Misi dearMoon akan memakan waktu tiga hari untuk terbang ke Bulan, memutar balik di orbit, lalu melakukan perjalanan kembali ke Bumi selama tiga hari.

Sementara itu, SpaceX masih bekerja keras menguji roket Starship agar layak terbang sambil membawa awak penumpang. Saat ini mereka telah menguji beberapa prototipe, tapi dalam dua pengujian terakhir roket tersebut meledak saat mencoba mendarat.

CEO SpaceX Elon Musk dan President SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan Starship diperkirakan akan melakukan penerbangan orbit pertamanya di akhir 2021. Tahun lalu Musk mengatakan Starship harus melakukan ratusan misi dengan satelit sebelum mengangkut awak penumpang.



Simak Video "Reaksi Optimistis Elon Musk Meski Roket SpaceX Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)