Ilmuwan Dapat Cara Cetak 3D Tulang Langsung ke Tubuh Manusia

Ilmuwan Dapat Cara Cetak 3D Tulang Langsung ke Tubuh Manusia

Josina - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 05:45 WIB
Scientist Working in The Laboratory
Foto: iStock
Jakarta -

Konsep dengan menggunakan bagian tubuh dengan cetakan 3D bukanlah hal yang baru. Namun masalah dengan tulang hasil cetak 3D biasanya melibatkan komponen sintesis ini artinya ada sesuatu yang asing masuk ke dalam tubuh pasien

Namun, para peneliti di University of New South Wales di Sydney, Australia telah menemukan cara baru. Mereka telah mengembangkan tinta keramik yang dapat dicetak 3D pada suhu ruangan menggunakan sel hidup dan tanpa memerlukan material kimia keras.

Idenya adalah dengan metode ini pada suatu hari berpotensi memungkinkan para peneliti untuk berpotensi mencetak tulang 3D langsung ke tubuh pasien.

Saat ini salah satu cara untuk memperbaiki tulang yang rusak yang dikenal dengan istilah autologous bone grafting. Ini melibatkan pengambilan tulang dari bagian lain dari tubuh namun ini tidak selalu praktis jika jumlah tulang yang dibutuhkan terlalu banyak, ditambah lagi metode ini juga biasanya dikaitkan dengan tingkat infeksi yang tinggi.

Dengan metode baru yang telah dikembangkan para peneliti ini, mereka dapat menyuntikkan zat ini ke dalam tubuh dan area di mana pekerjaan perbaikan perlu dilakukan.

Dilansir detiKINET dari Ubergizmo, Rabu (24/2/2021) hal tersebut dapat dilakukan pada suhu ruangan. Bahan yang digunakan adalah kalsium fosfat biokompatibel yang pada suhu kamar berbentuk pasta, namun bila dimasukkan ke dalam bak gelatin, akan mengeras menjadi matriks nanokristal berpori yang mirip dengan jaringan tulang.

Meski demikian masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum dapat digunakan dalam prosedur medis. Tentunya penemuan ini kedengarannya menarik dan bisa menjadi sesuatu yang dinantikan di masa depan.



Simak Video "Harpa Tanpa Senar, Teknologi Unik di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)