5 Barang Aneh yang Dibawa Robot NASA ke Mars

5 Barang Aneh yang Dibawa Robot NASA ke Mars

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 19 Feb 2021 10:50 WIB
This illustration provided by NASA depicts the Mars 2020 spacecraft carrying the Perseverance rover as it approaches Mars. Perseverance’s $3 billion mission is the first leg in a U.S.-European effort to bring Mars samples to Earth in the next decade.
5 Barang Aneh yang Dibawa Robot NASA ke Mars (Foto: NASA/JPL-Caltech via AP)
Jakarta -

Robot penjelajah atau rover Perseverance milik NASA berhasil mendarat di permukaan Mars setelah menempuh perjalanan lebih dari tujuh bulan. Misi ini tidak hanya membawa banyak instrumen penelitian tapi juga lima benda aneh.

Selama puluhan tahun, NASA memang memiliki tradisi bernama 'festooning' yaitu menambahkan benda-benda unik ke wahana atau rover yang terbang ke luar angkasa.

Contohnya, misi Pioneer 10 dan 11 yang diluncurkan pada tahun 1970-an ikut membawa lempengan yang memperlihatkan lokasi Bumi di galaksi dan foto pria dan wanita telanjang. Foto ini merupakan ide dari astronom Carl Sagan yang ingin alien mengetahui lokasi dan wujud kita jika menemukan kedua wahana tersebut.

Misi Perseverance kali ini juga mengikuti tradisi tersebut. Berikut lima barang unik yang dibawa robot canggih ini ke Mars, seperti dikutip dari Space, Jumat (19/2/2021):

1. 10,9 juta nama

Perseverance membawa lempengan yang berisi 10.932.295 nama yang terdaftar dalam kampanye 'Send Your Name To Mars' yang diadakan NASA. Jutaan nama ini dimasukkan ke dalam tiga mikrochip.

Selain jutaan nama, mikrochip ini juga berisi 155 esai yang ditulis siswa asal Amerika Serikat yang mengikuti babak final kontes mencari nama rover. Kontes ini dimenangkan oleh Alex Mather yang tentu saja mengajukan nama Perseverance.

Rover PerseveranceLempengan berisi 10,9 juta nama yang dibawa Perseverance Foto: NASA/JPL-Caltech

2. Penghormatan untuk tenaga medis

Meluncur di tengah pandemi COVID-19, Perseverance ikut membawa penghormatan untuk semua tenaga medis yang bekerja keras melawan pandemi di Bumi. Penghormatan ini berbentuk lempeng aluminium yang memiliki gambar caduceus atau lambang ular kedokteran, dengan Bumi di atasnya.

Barang-barang aneh yang dibawa PerseveranceTribut untuk tenaga medis yang dibawa Perseverance ke Mars Foto: NASA/JPL-Caltech

3. Mastcam-Z

Mastcam-Z tidak hanya dibawa sebagai dekorasi, tapi juga memiliki fungsi penting. Benda ini adalah kamera yang dipasang di atas rover untuk menangkap panorama Mars.

Di bagian samping target kalibrasi yang dibawa Mastcam-Z, NASA menuliskan pesan: "Apakah tidak sendiri? Kami datang ke sini untuk mencari tanda-tanda kehidupan, dan untuk mengumpulkan sampel Mars untuk dipelajari di Bumi. Untuk yang mengikuti, kami berharap perjalanan yang aman dan kegembiraan penemuan."

Barang-barang aneh yang dibawa PerseveranceTarget kalibrasi Mastcam-Z Foto: NASA/JPL-Caltech

Target kalibrasi ini juga memperlihatkan bentuk kehidupan awal di Bumi seperti bakteri, daun pakis dan dinosaurus. Ada juga tulisan 'joy of discovery' dalam berbagai bahasa dan gambar seorang pria dan wanita.

4. SHERLOC

Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals (SHERLOC) merupakan salah satu instrumen penelitian yang dibawa Perseverance. Tapi NASA tidak lupa untuk menyisipkan benda-benda unik di dalamnya.

Karena namanya terinspirasi dari detektif Sherlock Holmes, tim Perseverance mengukir alamat 221 Baker Street di salah satu sisi target kalibrasinya. Selain itu ada juga koin yang terbuat dari material pelindung mata yang merupakan penghormatan untuk geocaching.

Barang-barang aneh yang dibawa PerseveranceTarget kalibrasi instrumen SHERLOC Foto: NASA/JPL-Caltech

SHERLOC juga membawa sampel material untuk membuat pakaian luar angkasa. NASA menaruh material ini di Perseverance untuk melihat bagaimana daya tahannya selama berada di Mars.

5. Meteorit Mars

Tim ilmuwan yang mengembangkan instrumen SuperCam untuk Perseverance juga menaruh pernak-perniknya sendiri, yaitu meteorit Mars. SuperCam sendiri adalah laser yang ditempatkan di depan rover untuk menghancurkan bebatuan Mars agar bisa diteliti komposisinya.

Meteorit tersebut pernah diterbangkan ke International Space Station (ISS) sebelum menumpang Perseverance untuk pulang kampung. Batu Mars ini dibawa sebagai target kalibrasi untuk mengukur kinerja instrumen SHERLOC.

meteorit mars pulang kampungMeteorit Mars pulang kampung bareng Perseverance Foto: NASA-JPL/Caltech


Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)