Ayo Patungan untuk Kirim Kaum Bumi Datar ke Luar Angkasa

Ayo Patungan untuk Kirim Kaum Bumi Datar ke Luar Angkasa

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 11 Feb 2021 05:45 WIB
Ilustrasi Flat Earth
Siapa Mau Ikut? Galang Dana untuk Kirim Kaum Bumi Datar ke Luar Angkasa. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kesal menghadapi para penganut teori Bumi datar, seseorang bernama Marc Gauld menggalang dana untuk mengirim mereka ke luar angkasa supaya melihat Bumi yang bulat. Akankah misinya ini berhasil?

Terlepas dari begitu banyak foto Bumi bulat yang diambil dari luar angkasa dan semua bukti lain yang memperlihatkan bahwa Bumi adalah bola dunia, kaum Bumi datar tetap meragukannya. Setiap kali diperlihatkan foto-foto seperti itu, para penganut Bumi datar cenderung percaya bahwa foto-foto tersebut diedit oleh NASA untuk alasan yang tidak jelas.

Karenanya, Gauld berkeinginan mengirim kaum Bumi datar ke luar angkasa agar mereka bisa melaporkan apa yang dilihatnya sekembalinya dari sana. Gauld pun mau repot-repot membuka proyek crowdfunding atau patungan di GoFundMe.

Dikutip dari IFL Science, Kamis (11/2/2021) urunan dana ini bertujuan mengumpulkan cukup uang untuk mengamankan tiket untuk satu orang penganut Bumi datar yang akan menjadi yang pertama melakukan penerbangan komersial ke luar angkasa.

bumi datar

"Kampanye pengumpulan dana ini untuk membuktikan kepada penganut Bumi datar bahwa Bumi itu bulat. Saat ini dibutuhkan USD 250 ribu untuk mengamankan kursi dalam penerbangan menggunakan layanan Virgin Galactic untuk memasuki orbit Bumi," tulis Gauld di GoFundMe.

Ini mungkin tampak seperti pemborosan uang yang sangat besar. Seperti yang pernah dikatakan salah satu ahli astrofisika Dr Alfredo Carpineti, tidak seharusnya kita yang jadi repot karena mereka. Gauld pun berharap inisiatifnya ini akan menggugah para penganut teori Bumi datar.

"Jika penganut Bumi datar benar-benar ingin membuktikan Bumi datar, maka saya berharap sebagian besar sumbangan justru datang dari komunitas Bumi datar sendiri," ujarnya.

Gauld mengatakan, jika uangnya berhasil terkumpul, dia akan mengundang penganut Bumi datar paling berpengaruh untuk mendaftar ke luar angkasa. Dia bahkan berupaya menghubungi Elon Musk dan Richard Branson untuk membeli slot penerbangan di perusahaan roket yang mereka miliki.

"Silakan bergabung, ini atas nama sains yang akan menyangkal atau membuktikan Teori Bumi datar, dan akhirnya kita akan bisa menghentikannya," tulisnya.

"Saya 100% serius dengan rencana ini dan donasi Anda akan sangat diapresiasi. Ini akan membantu menghentikan pandangan tidak ilmiah yang sama sekali tidak didukung dan menghalangi kemajuan sains yang nyata," tutupnya.

Upaya Gauld mungkin tidak cukup meyakinkan penganut Bumi datar. Tapi setidaknya, upaya ini menawarkan cara lebih aman ketimbang mereka mencoba membuat roket sendiri atau mencoba berlayar ke ujung dunia.



Simak Video "LAPAN: Komunitas Bumi Datar Tidak Percaya Gravitasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)