Penganut Bumi Datar Insaf Setelah Gabung Angkatan Laut

Penganut Bumi Datar Insaf Setelah Gabung Angkatan Laut

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 26 Jan 2021 17:17 WIB
Mungkin Seperti Ini Penampakan Jika Bumi Datar
Penganut Bumi Datar tobat Setelah Gabung Angkatan Laut. Foto: Internet
Jakarta -

Orang-orang yang percaya Bumi datar akan melakukan apa saja untuk membuktikan teori yang diyakininya. Termasuk yang dilakukan orang ini dengan memutuskan gabung Angkatan Laut.

Keputusan itu mengantarkannya pada pembuktian bahwa Bumi sejatinya bulat. Dalam sebuah thread di Reddit, seseorang menuliskan pengalaman mantan penganut Bumi datar ini saat tercerahkan bahwa makhluk hidup berdiri di atas Bumi yang seperti bola dunia, bukan datar seperti pancake.

"Saya punya kenalan di Angkatan Laut. Dia bergabung dengan Angkatan Laut karena ingin melihat bahwa Bumi itu datar saat dirinya berada di laut," tulis pengguna dengan nama akun TrungusMcTungus, seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (26/1/2021).

"Setiap hari dia akan memetakan lokasi kapal, kecepatan, arah, dan lain-lain, beberapa kali sehari sehingga dia bisa membuat peta jalur mereka. Dalam tugasnya, akhirnya dia menyadari bahwa jalur yang diambil kapal tidak mungkin dilakukan jika Bumi datar, berdasarkan jarak yang mereka tempuh VS kecepatan mereka," lanjutnya.

Dijelaskan dalam cerita tersebut, temannya itu sebenarnya sudah sering mempertanyakan teori yang diyakininya dan curiga bahwa Bumi sebenarnya bulat. Namun sebelum dia menggali lebih dalam seperti yang dilakukan ilmuwan berabad lalu, Leading Petty Officer yang menjadi atasannya, memberikannya teropong.

Atasannya tersebut menunjukkan lengkungan yang terlihat di titik terjauh dan menjelaskan bahwa jika Bumi memang benar datar, seharusnya dia bisa melihat ujung daratan. Tapi dia tidak melihat apa pun di ujung cakrawala. Setelah itu, barulah dia yakin bahwa Bumi bulat.

Karena pria tersebut mendaftar untuk kontrak tugas minimal empat tahun, dia saat ini 'terjebak' di Angkatan Laut. Dia telah membuktikan bahwa Bumi bulat lebih cepat dari yang dia perkirakan sebelumnya.

Thread ini ramai direspons banyak pengguna Reddit lainnya. Beberapa pengguna Reddit juga membagikan kisah serupa bagaimana mereka insaf dan menyadari keyakinan tentang teori Bumi datar berakhir. Sebagian lagi ada yang mengaku menyadari kekeliruan tersebut dengan menonton video eksperimen.

"Di peta Bumi datar, mengitari Kutub Utara seharusnya menjadi perjalanan yang singkat, sementara mengitari Kutub Selatan akan menjadi rute terpanjang di planet ini. Semakin jauh ke selatan, semakin jauh jaraknya dan perjalanan yang lebih lama akan memakan waktu. Teori Bumi datar benar-benar gugur di sana," komentar salah satu pengguna Reddit.

Seorang pengguna menceritakan kisah tentang bagaimana dia dan ibunya menyusuri berbagai teori Bumi datar, sebelum akhirnya menyadari bahwa banyak yang tidak masuk akal, terutama klaim bahwa Bulan menghasilkan cahayanya sendiri (nyatanya ada bayangan kawah di Bulan), dan fakta yang jelas didokumentasikan bahwa konstelasi berbeda terlihat dari belahan Bumi utara dan selatan.

"Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini, ibu saya yang mengajar sains di sekolah dasar akhirnya menyadari bahwa teori Bumi datar tidak masuk akal," tulis pengguna Reddit tersebut.

"Pola pikir saya ketika mendekati teori tersebut adalah, kita dapat melakukan pengamatan tentang bagaimana sesuatu berperilaku, dan memberikan penjelasan yang berbeda untuk penyebabnya. Kami berdua sampai pada kesimpulan bahwa Bumi datar tidak cukup menjelaskan banyak hal yang kami amati di Bumi," tutupnya.



Simak Video "LAPAN: Komunitas Bumi Datar Tidak Percaya Gravitasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)