Kenapa Gempa Bumi Belum Bisa Diprediksi?

Kenapa Gempa Bumi Belum Bisa Diprediksi?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 22 Jan 2021 16:45 WIB
Ilustrasi gempa
Foto: Ilustrasi gempa Bumi
Jakarta -

Rentetan gempa Bumi mengguncang beberapa wilayah di Indonesia. Tentu langkah antisipasi bisa lebih baik seandainya bencana alam ini dapat diprediksi kapan akan terjadi. Sayangnya sampai saat ini, belum ada teknologi yang dapat melakukan hal itu. Kenapa?

Lembaga United States Geological Survey menyatakan belum pernah ada prediksi gempa Bumi yang berhasil. "Baik kami maupun para ilmuwan tak pernah memprediksi gempa Bumi besar. Kami tidak tahu bagaimana dan kami perkirakan demikian sampai beberapa waktu mendatang," sebut USGS.

"Ilmuwan di USGS hanya dapat mengkalkulasi probabilitas bahwa sebuah gempa Bumi besar akan muncul di area yang spesifik dalam cakupan waktu beberapa tahun," tambah mereka seperti dikutip detikINET dari situsnya, Jumat (22/1/2021).

Ya, belum ada teknologi yang dapat memprediksi kapan tepatnya sebuah gempa Bumi terjadi melainkan hanya potensinya. Ilmuwan memang sudah dapat memperkirakan kapan kira-kira gempa susulan terjadi, tapi hanya setelah gempa pertama muncul.

Kemungkinan tersebut dibuat ilmuwan USGS menggunakan model berdasarkan kebiasaan seismik dan data selama beberapa dekade tentang gempa susulan. Tapi prediksi yang sama tidak dapat diterapkan soal kapan gempa Bumi pertama bakal terjadi.

"Bahkan meskipun secara teori mungkin, secara praktis adalah mustahil," kata Andrew Michael, ahli Geofisika di USGS.

Hal terbaik yang dapat dilakukan seismolog adalah menggunakan data historis untuk memprediksi sebuah gempa skala tertentu akan terjadi di sebuah wilayah. Hal itu berguna misalnya untuk antisipasi dengan membangun gedung tahan gempa Bumi, tapi tak dapat memperingatkan penduduk bahwa gempa akan segera terjadi di waktu tertentu.