Bocor Dokumen Diklaim Rahasia CIA Soal UFO, Baca di Sini

Bocor Dokumen Diklaim Rahasia CIA Soal UFO, Baca di Sini

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 14 Jan 2021 07:15 WIB
T̷h̷e̷ ̷B̷l̷a̷c̷k̷ ̷V̷a̷u̷l̷t̷
Dokumen yang diklaim milik CIA berisikan soal UFO. Foto: via The Black Vault
Jakarta -

Sebuah 'harta karun' berisi catatan rahasia yang disimpan oleh CIA sehubungan dengan aktivitas UFO yang telah dilaporkan akhirnya terungkap.

Rilis publik ini disebut cukup lengkap dan berisi hampir seluruh arsip dokumentasinya tentang UFO yang sekarang disebut 'Unidentified Aerial Phenomena' (UAP). Informasi ini terdiri dari ratusan catatan yang sebelumnya sangat rahasia dan berusia lebih dari setengah abad.

Data ini bisa sampai ke publik berkat upaya yang telah lama dilakukan oleh situs web intelijen The Black Vault, yang sudah mencari dan berbagi dokumentasi pemerintah yang tidak diklasifikasikan tentang UFO sejak pertengahan 1990-an. Menurut pendiri situs tersebut, John Greenewald Jr., The Black Vault telah berjuang sejak tahun 1996 untuk merilis rekaman UFO ini.

Namun, tidak ada cara mudah untuk memverifikasi secara faktual apakah ini adalah keseluruhan arsip CIA, seperti yang diklaim oleh badan tersebut. Bisa saja juga pemerintah AS masih memegang catatan rahasia tentang UFO atau UAP yang belum pernah diungkap. Bagaimanapun, koleksi sebanyak 2.780 halaman yang sekarang tersedia di situs web The Black Vault tersebut cukup menarik perhatian untuk didalami lebih lanjut.

Ratusan catatan yang berasal dari pertengahan abad ke-20 ini dapat dibaca, baik melalui PDF atau file ZIP. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa tidak semua informasi dapat dibaca dengan mudah. Banyak detail dalam dokumen yang disunting dan belum lagi masalah kualitas pemindaian yang kurang jelas.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa UFO berarti 'Benda Terbang Tak Teridentifikasi'. Tidak selalu UFO berkaitan dengan alien dan tak jarang fenomena UFO bisa dijelaskan secara ilmiah. Demikian dilansir Science Alert.



Simak Video "LAPAN Akan Mulai Ekspedisi Kehidupan Luar Bumi: Bukan Cari Alien!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)