China Buat Perangkat yang Bisa Deteksi COVID-19 dalam 10 Menit

China Buat Perangkat yang Bisa Deteksi COVID-19 dalam 10 Menit

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 08:55 WIB
Petugas kesehatan mempersiapkan vaksin COVID-19 saat simulasi pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kemaraya, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (18/12/2020). Simulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/JOJON
Jakarta -

Para peneliti dari Peking University di Beijing, China, mengembangkan perangkat yang mereka klaim dapat mendeteksi virus COVID-19 hanya dalam waktu 10 menit.

Perangkat tersebut berisi sensor biologis seukuran laptop yang dimuat pada chip penginderaan, yang menurut para ilmuwan dapat mendeteksi virus secara cepat dengan tingkat akurasi yang mirip dengan tes polymerase chain reaction (PCR).

Dalam penelitian mereka yang diterbitkan di jurnal ilmiah China baru-baru ini, tim tersebut menyebutkan bahwa chip penginderaan dapat dengan mudah diangkut dan digunakan di fasilitas tempat perawatan mana pun. Selain itu, perangkat ini juga menghemat waktu dan uang untuk pengujian COVID-19.

Dikutip dari Mashable, perangkat tersebut diklaim bekerja secara efisien dan cepat hanya dengan menggunakan sampel cairan dari pasien, yang kemudian dilakukan berbagai tes yang melibatkan pengujian konduktivitas panas dan listrik untuk memastikan ada tidaknya virus.

Berdasarkan pengujian pada enam pasien COVID-19 dan tiga orang sehat, tim hasilnya menunjukkan tingkat akurasi sebesar 99%, mirip dengan tes PCR yang banyak digunakan saat ini.

alat deteksi covid-19Foto: South China Morning Post

Guo Xuefeng, profesor teknik kimia dan pemimpin tim penelitian ini bahkan melaporkan bahwa perangkat itu sudah dipatenkan dan siap untuk aplikasi langsung, mengisyaratkan kemungkinan jawaban lain untuk pencarian metode deteksi virus langsung di tempat yang lebih efektif.

Saat ini, para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia, termasuk Indonesia, berlomba membuat teknologi yang bisa membantu menekan laju penyebaran virus Corona. Alat apapun yang dikembangkan, semoga bisa sangat bermanfaat dan berkontribusi mempercepat pandemi COVID-19 agar segera berakhir.



Simak Video "Tambah 7.300, Kasus Covid-19 Per 21 Februari 2021 Jadi 1.278.653"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)