6 Misi Luar Angkasa Bersejarah Sepanjang Tahun 2020

6 Misi Luar Angkasa Bersejarah Sepanjang Tahun 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Des 2020 19:43 WIB
This photo provided by NASA, a United Launch Alliance Atlas V rocket launches at Space Launch Complex 41 at the Cape Canaveral Air Force Station, Thursday, July 30, 2020, in Cape Canaveral, Fla. NASAs Perseverance blasted off  atop an Atlas V rocket Thursday morning. Its the first step in an ambitious project to bring the first Martian rock samples back to Earth to be analyzed for evidence of ancient life.  (Joel Kowsky/NASA via AP)
6 Misi Luar Angkasa Bersejarah Sepanjang Tahun 2020 Foto: AP/Joel Kowsky
Jakarta -

Tahun 2020 merupakan tahun yang menantang bagi semua orang di Bumi. Meski berada di tengah pandemi global, ilmuwan tetap berhasil melakukan berbagai lompatan di dunia sains, termasuk memahami dunia di luar planet ini.

Sepanjang tahun 2020, banyak negara meluncurkan misi luar angkasa dengan berbagai tujuan. Mulai sekedar menerbangkan astronaut ke International Space Station (ISS) sampai menggali asteroid jutaan kilometer jauhnya.

Berikut enam misi luar angkasa bersejarah sepanjang tahun 2020, yang dirangkum detikINET dari Mashable, Senin (28/12/2020).

1. Tiga Misi Menuju Mars

Pada bulan Juli lalu, tiga negara meluncurkan misi ke Mars dalam waktu yang berdekatan. Uni Emirat Arab, China dan Amerika Serikat masing-masing meluncurkan misi menuju Planet Merah dengan tujuan yang berbeda dan diperkirakan akan tiba pada Februari 2021.

Uni Emirat Arab meluncurkan misi Hope yang membawa wahana pengorbit. Misi ini akan mempelajari atmosfer Mars, dan diharapkan membantu ilmuwan memahami bagaimana planet yang dulunya hangat dan basah bisa menjadi dingin dan sangat kering.

China meluncurkan misi Tianwen-1 yang membawa wahana pengorbit, pendarat dan penjelajah. Robot penjelajah ini dilengkapi dengan berbagai instrumen untuk mempelajari lingkungan Mars, termasuk medan magnet, komposisi bebatuan dan air di bawah tanah. Jika misi ini berhasil, China akan menjadi negara ketiga yang mendarat di Mars setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Sedangkan AS lewat NASA mengirimkan misi Mars 2020 yang terdiri dari robot penjelajah Perseverance dan drone helikopter Ingenuity. Kedua wahana ini akan menjelajahi Kawah Jezero untuk mencari tahu apakah dulunya pernah ada kehidupan di Mars.

Misi ini juga akan mengumpulkan beberapa sampel untuk dibawa pulang ke Bumi. Robot Perseverance juga dilengkapi dengan instrumen untuk merekam suara lingkungan di Mars.

2. NASA dan SpaceX Luncurkan Astronaut dari AS

Sejak program pesawat ulang alik dihentikan pada tahun 2011, NASA selalu bergantung pada Rusia untuk mengirimkan astronaut ke ISS. Tapi dengan bantuan roket Falcon 9 dan kapsul Crew Dragon milik SpaceX, NASA berhasil mengantarkan astronaut ke luar angkasa dari tanah AS untuk pertama kalinya sejak tahun 2011.

NASA dan SpaceX pertama kali meluncurkan misi uji coba Demo-2 pada bulan Mei dengan mengantarkan astronaut Bob Behnken dan Doug Hurley menuju ISS.

Setelah misi Demo-2 berhasil, NASA dan SpaceX kemudian meluncurkan misi operasional pertamanya pada bulan November. Misi ini membawa tiga astronaut NASA dan satu astronaut Jepang yang bergabung dalam Expedition 64 di ISS.

3. China Pertama Kali Bawa Pulang Sampel Bulan

Pada akhir November, Chinese National Space Administration (CNSA) meluncurkan misi CHang-e 5 ke Bulan untuk mengumpulkan sampel bebatuan. Misi ini terdiri dari empat bagian untuk menyelesaikan manuver yang berbeda yaitu pengorbit, pendarat, penaik, dan modul reentry untuk membawa pulang sampel ke Bumi.

Chang'e 5 tiba di Bulan pada 1 Desember dan kembali ke Bumi pada 16 Desember dengan membawa sampel Bulan. Begitu sampai, sampel ini langsung diberikan kepada ilmuwan untuk diteliti.

Misi ini menandakan pertamanya kalinya sampel Bulan dibawa pulang ke Bumi dalam empat dekade, sejak berakhirnya misi Luna 24 milik Uni Soviet pada tahun 1974. China juga menjadi negara ketiga yang membawa pulang sampel Bulan setelah AS dan Uni Soviet.

Halaman selanjutnya: misi asteroid dan riset Venus...