Berapa Harga Bumi Kalau Dijual?

Berapa Harga Bumi Kalau Dijual?

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 06 Des 2020 05:40 WIB
Badan Antariksa AS (NASA) mengungkap penampakan terbaru planet bumi dibanding 20 tahun lalu. Penasaran?
Berapa Harga Bumi Kalau Dijual? Foto: dok. NASA
Jakarta -

Bumi yang menjadi rumah kita adalah tempat paling berharga yang tak ternilai harganya. Tapi seandainya Bumi ini dijual berapa ya harganya?

Greg Laughlin, asisten profesor astronomi dan astrofisika dari University of California, Santa Cruz, AS, punya perhitungan tentang ini. Dalam perhitungannya, tentu saja sumber daya Bumi dan nilai yang ditawarkannya kepada manusia menambah biaya nyata yang tidak diketahui.

"Manusia memang tidak perlu khawatir untuk membeli atau menjual Bumi, tapi memikirkannya dalam kerangka angka konkret dapat membantu kita lebih memahami nilainya," kata Laughlin seperti dikutip dari Mental Floss, Minggu (6/12/2020).

Menurut Laughlin, Bumi bernilai sekitar USD 5 kuadriliun (USD 5.000.000.000.000.000) atau kalau dirupiahkan adalah sekitar Rp 70 kuintiliun (Rp 70.000.000.000.000.000.000). Dia mendapatkan harga itu setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang berkorelasi langsung dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan.

Untuk menekankan betapa berharganya Bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita. Misalnya, tetangga terdekat kita, Mars, harganya hampir sama dengan mobil bekas yakni seharga USD 16.000 (sekitar Rp 226 juta). Mars lebih beruntung dibandingkan Venus, planet itu dihargai Laughlin hanya satu sen.

"Tentu saya tidak berharap angka-angka perhitungan ini diaplikasikan di dunia nyata. Sebaliknya, saya berharap ini akan menginspirasi penduduk Bumi untuk lebih menghargai satu-satunya rumah kita," ujar Lauglin.

Sebenarnya Laughlin bukan orang pertama yang memberi banderol hipotetis pada sesuatu. Sebelumnya pernah ada yang membuat perhitungan harga Death Star dari Star Wars sebesar USD 852 kuadriliun, berkali-kali lipat dari perkiraan yang dibuat Laughlin untuk Bumi.



Simak Video "Cara Ilmuwan Antariksa Jepang Hitung 1 Hari di Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)