Keren! Ilmuwan Cilik Usia 15 Tahun Jadi Sampul Time

Keren! Ilmuwan Cilik Usia 15 Tahun Jadi Sampul Time

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 04 Des 2020 14:09 WIB
Gitanjalo Rao
Ilmuwan cilik Gitanjalo Rao. Foto: Time
Jakarta -

Seorang ilmuwan cilik yang baru berusia 15 tahun menjadi bocah pertama yang dinobatkan sebagai Kid of the Year oleh majalah Time. Namanya Gitanjalo Rao, remaja berdarah India yang bermukim di Colorado, Amerika Serikat.

Bermitra bersama Nickleodeon, gelar Kid of the Year diciptakan sebagai pengakuan terhadap para pemimpin muda yang membuat dampak positif bagi komunitasnya. Rao pun akan menjadi wajah sampul majalah Time terbaru.

Rao baru-baru ini mengembangkan aplikasi bernama Kindly, yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mendeteksi kemungkinan cyberbullying sejak dini. Sebelumnya pada tahun 2017, dia menemukan perangkat untuk mendeteksi kadar timbal di air minum.

Tahun silam, Rao masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 yang berisi para anak muda berprestasi. Dia juga sudah beberapa kali jadi pembicara dalam event bergengsi TED. Dalam wawancaranya dengan aktris Angelina Jolie, Rao ingin para anak muda menjadi teladan dan punya kemauan untuk memecahkan berbagai macam masalah.

"Aku tidak terlihat seperti ilmuwan pada umumnya. Biasanya ilmuwan itu usianya tua, biasanya berkulit putih. Aneh bagiku karena terkesan orang-orang sudah punya peran yang ditentukan," kata si ilmuwan cilik.

"Tujuanku berubah tidak hanya membuat perangkat sendiri untuk memecahkan masalah dunia, tapi menginspirasi yang lain untuk melakukan hal yang sama. Karena dari pengalamanku, tidaklah mudah jika tidak ada orang lain seperti kalian. Jadi pesanku, jika aku bisa melakukannya, kalian pun bisa," ucapnya, seperti dikutip detikINET dari Fox News, Jumat (4/12/2020).

Rao berhasil terpilih dari 5.000 kandidat yang berusia antara 8 sampai 16 tahun untuk menjadi 2020 Kid of the Year. Ilmuwan cilik ini berharap nanti pada saat kuliah, dia bisa masuk kampus bergengsi Massachusetts Institute of Technology (MIT).



Simak Video "Pertama! Dua Wanita Raih Penghargaan Nobel Bidang Kimia Bersamaan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)