16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak - Halaman 2

16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak

Rosmha Widiyani - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 13:45 WIB
Peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan mikroskop.
16 Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan, Yuk Disimak (Foto: Thinkstock)

10. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan pada vakuola kontraktil

Vakuola kontraktil berfungsi mengatur tekanan dalam sel dengan melakukan osmosis atau sekresi. Sel hewan punya organel ini, sedangkan pada tumbuhan digantikan dinding sel untuk mengatur ketahanan.

11. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan pada silia dan flagela

Organel silia dan flagela berfungsi sebagai alat gerak pada hewan. Sel tumbuhan tidak punya silia dan flagela sehingga tidak bisa bergerak atau pindah saat diperlukan.

12. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan pada pembentukan spindle

Spindle adalah organel seperti benang yang berperan dalam pembelahan kromosom. Benang spindle pada sel hewan terbentuk secara amphiaster, yaitu dengan adanya astral atau aster dari mikrotubulus. Astral atau aster adalah struktur seperti bintang yang terbentuk dari sebaran benang spindle. Kondisi ini beda dengan tumbuhan, yang benang spindlenya terbentuk tanpa astral atau anastral.

13. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam sitokinesis

Tahap sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma sel induk menjadi anakan. Sitokinesis pada hewan terjadi di akhir tahap telofase dengan pembentukan cincin kontraktil. Sedangkan pada tumbuhan terjadi dengan pembentukan lempeng mitosis tepat di tengah sel.

14. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan dalam totipotensi

Daya totipotensi adalah kemampuan sel memperbanyak diri dan berkembang seperti induknya. Sel tumbuhan memiliki kemampuan totipotensi, sedangkan hewan tidak punya daya tersebut.

15. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terkait sambungan sel

Sel pada hewan dan tumbuhan saling tersambung hingga bisa menyampaikan pesan serta berfungsi maksimal. Sistem sambungan sel pada hewan disebut desmosome tight junction, sedangkan pada tumbuhan dikenal dengan plasmodesmata.

16. Perbedaan sel hewan dan tumbuhan terkait sentriol

Sel hewan memiliki sentriol sedangkan tumbuhan tidak punya organel ini. Sentriol adalah sepasang struktur berbentuk tabung dengan lubang di tengah, yang terdiri atas mikrotubulus. Bentuk mikrotubulus mirip benang jala yang sebetulnya adalah benang spindle.

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan inilah yang memungkinkan keduanya melakukan proses kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Sel hewan dan tumbuhan biasanya punya perbedaan ini jika sama-sama merupakan makhluk hidup kompleks.

(row/erd)