China Sentuh Titik Terdalam di Bumi dan Menggali Bulan

China Sentuh Titik Terdalam di Bumi dan Menggali Bulan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 01 Des 2020 16:12 WIB
Teknologi China
Wahana selam Fendhouze buatan China. Foto: China Daily
Jakarta -

Dalam waktu hampir bersamaan, teknologi buatan China menyambangi titik terdalam Bumi dan juga bersiap menggali Bulan. Hal itu menunjukkan ambisi tinggi Negeri Tirai Bambu di jagat sains.

Pertama adalah kapal selam Fendouzhe yang telah mencapai salah satu titik terdalam Bumi, di kedalaman 10.909 meter. Sejak misi digelar pada 10 Oktober silam, Fendouzhe telah 13 kali menyelam di Palung Mariana, area terdalam di Bumi, di laut Pasifik bagian barat.

Kedalaman sekitar 11 kilometer itu merupakan rekor baru bagi China. Adapun rekor dunia masih dipegang Victor Vescovo, seorang investor dan petualang yang Juni silam sampai di kedalaman 10.934 meter.

Fendzhou adalah wahana selam buatan China yang telah dikembangkan sejak tahun 2016. Dikutip detikINET dari China Daily, Selasa (1/12/2020) pembuatannya melibatkan sekitar 1.000 ilmuwan dari 100 institusi riset di China, baik dari kalangan universitas dan perusahaan.

Maka, keberhasilan mencapai titik terdalam di Bumi menjadi kebanggaan nasional bagi China. Memang lebih banyak orang pergi ke antariksa dari bagian terdalam Bumi. Pada tahun 2010, wahana dalam laut bernama Jiolong sudah berhasil mencapai kedalaman 3.759 meter dan kini Fendouzhe mampu mencapai lebih dalam lagi.

Presiden China, Xi Jinping, pun mengucapkan selamat pada para ilmuwan dan insinyur yang terlibat. Ia mengatakan bahwa pencapaian ini memperkuat posisi China sebagai negara maritim terdepan.

Saat ini, kapal riset Tansuo-1 yang membawa wahana itu telah kembali ke China dan disambut dengan meriah. Fendhouze sendiri memang bukan wahana sembarangan karena mampu memuat 3 awak dan menghadapi tekanan besar di laut dalam dengan aman.

"Hal ini dikarenakan terutama oleh terobosan kita dalam hal sains material dasar dan teknik pembuatannya," kata Yang Rui, salah satu ilmuwan China yang merancang Fendhouze.

Halaman selanjutnya: China menggali di Bulan...