Suka ke Toilet Sambil Main HP, Perempuan Ini Dioperasi

Suka ke Toilet Sambil Main HP, Perempuan Ini Dioperasi

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 24 Nov 2020 12:08 WIB
Woman sitting in the toilet
Ilustrasi toilet (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak orang punya kebiasaan ke toilet sambil main HP. Ternyata, hal itu berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya risiko ambeien yang harus dioperasi.

Pakar gastroenterologi Australia, Professor Chris Berney kepada News.com Australia, seperti dilihat Selasa (24/11/2020) mengungkapkan risiko di balik kebiasaan ke toilet sambil main HP. Pada 2019, dia mengoperasi perempuan muda berusia 23 tahun karena masalah ambeien parah (haemorrhoid thrombectomy).

Selain itu, ada 15 pasien muda lain selama 18 bulan terakhir dengan masalah yang sama. Berney bertanya kepada para pasiennya, berapa lama waktu mereka di toilet.

"Ternyata rata-rata menghabiskan 20,25 sampai 30 menit di toilet," kata Berney.

Apa yang dilakukan? Main HP. Kebiasaan duduk di toilet dalam jangka waktu lama sambil main HP menyebabkan peningkatan tekanan pada bawah perut layaknya orang sembelit atau ibu hamil.

Akibatnya kemampuan otot sphincter pada anus berkurang, dan terjadi pembekuan darah. Dampaknya adalah terjadi ambeien.

Riset dari dampak kelamaan main HP di toilet dan munculnya haemorrhoid pada anak muda, sudah dipublikasikan dalam jurnal Australia New Zealand Surgery. Sebagai perbandingan, riset di Amerika menunjukkan 90% orang ke toilet sambil main HP.

Kondisinya lebih tinggi lahir pada Generasi Z yang lahir antara 1995-2010. 95% Generasi Z ke toilet membawa HP.

Kebiasaan itu diamini oleh seorang koki muda Australia, Lauren Bath yang juga merupakan pengguna Instagram. Sambil bekerja sebagai koki, dia menggunakan waktu istirahat di toilet sambil main HP dan posting Instagram.

Setelah ada laporan berita kasus ambeien akibat kelamaan di toilet main HP, Bath mengaku seram dan tidak mau hal itu terjadi kepada dirinya. Dia kini belajar untuk tidak membawa HP ke toilet. Bahkan, dia juga mengurangi waktu penggunaan HP dari 8 jam, menjadi 4 jam sehari demi kesehatannya.

Wah, serius banget nih detikers. Yuk kurangi kebiasaan main HP saat ke toilet. Gunakan waktu seperlunya di kamar kecil, demi kesehatan kita semua!



Simak Video "Nggak Baik! Ini Risiko Main Ponsel Sambil BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)