Nge-charge HP Bisa Pakai Udara, Caranya?

Serba-serbi Baterai HP

Nge-charge HP Bisa Pakai Udara, Caranya?

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 22 Nov 2020 19:15 WIB
Baterai ponsel
Nge-charge HP Bisa Pakai Udara, Caranya? Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bermacam cara dikembangkan para peneliti agar manusia tidak terlalu bergantung pada sumber listrik, terutama untuk kebutuhan mengisi ulang baterai HP. Mereka menemukan cara nge-charge HP pakai udara. Gimana caranya?

Air-gen, demikian nama teknologinya, dikembangkan oleh 2 ilmuwan dari University of Massachusetts Amherst, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, teknologi adalah generator yang menciptakan listrik dari udara.

"Kami benar-benar menciptakan listrik dari udara," kata Asisten Profesor Jun Yao yang mengembangkan Air-gen bersama Professor Derek Lovley, seperti dikutip dari News.com Australia, saat dilihat Minggu (22/11/2020).

Caranya, generator ini memakai kabel protein dari Geobacter sulfurreducens, mikroba yang menghasilkan listrik. Kabel ini kemudian dihubungkan dengan elektroda dan menghasilkan listrik menggunakan uap air yang ada di udara.

"Air-gen menghasilkan energi bersih sepanjang waktu. Ini adalah penerapan kabel nano protein paling menakjubkan yang pernah dilakukan," kata Professor Lovley.

Dia mengaku sudah meneliti bakteri ini di Sungai Potomac sejak 1987 dan mengembangkan kabel nano protein. Saat ini, Air-gen sudah bisa mengisi ulang baterai untuk perangkat elektronik kecil.

Teknologi ini terus dikembangkan agar bisa mengisi ulang baterai smartwatch kemudian target selanjutnya nge-charge baterai HP. Bahkan, mereka bermimpi Air-gen bisa mengisi ulang daya perangkat yang lebih besar.

Menarik ya, di masa depan kita tidak perlu repot cari colokan saat akan mengisi ulang baterai HP karena sumber listrik bisa kita dapatkan di mana saja, yaitu dari udara.

[Gambas:Youtube]



(rns/fay)