Kapan Seharusnya Kita Pakai Masker? Ini Panduan WHO

Kapan Seharusnya Kita Pakai Masker? Ini Panduan WHO

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 19:30 WIB
Portrait of young woman putting on a protective mask for coronavirus isolation
Ilustrasi memakai masker. Foto: iStock
Jakarta -

Dalam kehidupan sehari-hari, masker telah menjadi teman sehari-hari setelah pandemi COVID-19 terjadi. Tapi kapan harus pakai masker, apakah harus setiap saat menggunakannya?

Kita merujuk dari penjelasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mana menjelaskan dasar tata cara pemakaian masker dan waktu di mana dibutuhkannya pemakaian masker.

"Kenakan masker kain kecuali Anda termasuk dalam kelompok risiko tertentu. Hal ini sangat penting ketika Anda tidak dapat menjaga jarak secara fisik, terutama dalam pengaturan dalam ruangan yang padat dan berventilasi buruk," tulis WHO dalam situs resminya.

Dapat diartikan, memakai masker digunakan ketika kesulitan melakukan social distancing dan bila berada dalam ruangan padat dengan ventilasi buruk Lantas kapan diperbolehkan melepas masker? Ketika sudah berada di ruangan yang dipastikan aman dan Anda mengetahui persis orang-orang di sekitar Anda sehat, sebagian pakar berpendapat diperbolehkan untuk melepaskan masker sembari tetap menjaga jarak.

Selain itu, ada juga penjelasan tentang anjuran memakai masker medis atau masker bedah antara lain bila Anda termasuk:

- Berusia lebih dari 60 tahun (lansia)
- Memiliki kondisi medis yang mendasari
- Merasa tidak enak badan, dan / atau
- Sedang merawat anggota keluarga yang sakit.

Sementara itu untuk memakai masker, ternyata juga ada tata cara yang harus dilakukan. Pertama adalah untuk mencuci tangan sebelum Anda mengenakan masker, serta sebelum dan sesudah Anda melepasnya. Jangan lupa untuk memastikan masker yang Anda menutupi hidung, mulut, dan dagu.

Begitu juga untuk tata cara melepas masker, cara yang tepat adalah tidak dengan menurunkannya ke dagu, melainkan melepaskannya kemudian letakkan masker di alas yang bersih.



Simak Video "Penggunaan Tali Masker Tak Disarankan, Ini Risikonya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)