Laba-laba Raksasa Ini Muncul Setelah 27 Tahun Lenyap

Laba-laba Raksasa Ini Muncul Setelah 27 Tahun Lenyap

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 20:10 WIB
Laba-laba rubah besar
Laba-laba rubah besar. Foto: Independent
Jakarta -

Laba-laba rubah besar atau great fox, merupakan salah satu laba-laba terbesar di Inggris. Hewan ini diasumsikan punah karena tidak pernah terlihat lagi selama 27 tahun di negara kerajaan itu. Namun akhirnya, sang laba-laba muncul kembali.

Laba-laba ini besarnya 5 cm. Ia berburu di malam hari dengan kelincahannya, sedangkan matanya ada delapan yang membuat luas pandangannya. Dia tidak berburu dengan jaring, melainkan melumpuhkan mangsa dengan racun. Makanannya antara lain semut atau laba-laba yang lebih kecil.

Terakhir kali terlihat pada tahun 1993, laba-laba rubah besar ditakutkan telah punah. Namun baru-baru ini, ia muncul lagi di tempat pelatihan Kementerian Pertahanan Inggris yang terletak di Surrey.

Penemunya adalah Mike Waite dari Surrey Wildlife Trust yang memang telah memburunya di malam hari selama 2 tahun. "Saya merasa gembira sekali. Ini adalah laba-laba yang menakjubkan," katanya seperti dikutip detikINET dari Guardian.

Totalnya, ia menemukan beberapa laba-laba jantan, satu betina dan ada yang masih kecil. "Ini adalah hal menarik di dunia alam liar dalam beberapa waktu belakangan. Laba-laba ini besar dan sekarang kembali menjadi anggota fauna di Inggris," ucap Waite.

Laba-laba rubah besar pertama kali ditemukan pada 120 tahun yang lalu dan kemudian hanya beberapa kali terlihat. Meskipun besar wujudnya, laba-laba ini sukar ditemukan karena hanya aktif di malam hari dan kamuflasenya bagus. Saat musim dingin, mereka menggali di bawah bebatuan kemudian hibernasi.

Binatang ini menyukai iklim yang lebih hangat dan lebih umum ditemukan di Eropa daratan, terutama di Belanda dan Denmark. "Makhluk yang hebat ini bisa berkamuflase dengan sempurna dan aktif di malam hari, sehingga meskipun besar, laba-laba itu sukar dipahami," papar Waite.



Simak Video "Hii, Jaring Laba-laba Menyelimuti Seisi Kota di Australia "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)