Mantap! Jaringan Internet Siap Dipasang di Planet Mars

Mantap! Jaringan Internet Siap Dipasang di Planet Mars

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 16:28 WIB
Penasaran ingin merasakan seperti apa tinggal di Planet Mars? Di China dibangun sebuah markas yang menyerupai koloni di Planet Merah tersebut. Yuk lihat.
Internet Siap Dipasang di Planet Mars (Foto: Reuters)
Jakarta -

Masyarakat modern sudah terbiasa dengan akses internet. Tak ingin upaya kolonisasi manusia di Mars jadi mati kutu gara-gara tidak bisa berselancar di dunia maya, jaringan internet pun disebut siap menyelimuti Planet Mars tersebut.

SpaceX menjanjikan ketika kedatangan manusia ke Mars nantinya, mereka bisa bermain internet seperti layaknya dilakukan di Bumi. Koneksi internet menjadi salah satu 'pondasi' untuk berkomunikasi antar umat manusia.

Diketahui, SpaxceX merupakan perusahaan yang paling getol untuk membentuk kolonisasi manusia di Mars. Planet tetangga Bumi itu dinilai sebagai tujuan keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Bukan menggunakan fiber optik, jaringan internet di Mars seperti diungkapkan President and Chief Operating Officer SpaceX Gwynne Shotwell, koneksi tersebut bersumber dari satelit Starlink. Adapun saat ini, SpaceX menyebutkan sedang membuat Starlink khusus yang mengorbit di Planet Merah.

"Begitu kita membawa orang ke Mars, mereka akan membutuhkan kemampuan untuk tetap berkomunikasi. Faktanya, saya pikir akan lebih penting lagi untuk memiliki konstelasi, seperti Starlink di sekitar Mars," ujar Shotwell dilansir dari Express, Senin (26/10/2020).

"Dan, kemudian tentu saja, kalian perlu menghubungkan kedua planet juga. Jadi, kami memastikan memiliki telekomunikasi yang kuat antara Mars dan kembali ke Bumi," tuturnya.

Di samping itu, Shotwell mengatakan bahwa membawa manusia ke planet lain, bukan berarti pihaknya menyerah untuk menjalani kehidupan. SpaceX beranggapan, kolonisasi Mars merupakan cara menyelamatkan Bumi.

"Saya ingin kalian memahami bahwa kita tidak menyerah di Bumi ketika berbicara tentang membangun kemampuan untuk memindahkan umat manusia ke planet lain," pungkasnya.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)