Misteri Kumbang 'Kulit Besi' yang Tahan Dilindas Mobil

Misteri Kumbang 'Kulit Besi' yang Tahan Dilindas Mobil

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 25 Okt 2020 05:47 WIB
Kumbang besi
Kumbang berkulit besi. Foto: BBC
Jakarta -

Kumbang ini termasuk spesies paling kuat di dunia hewan. Bagaimana tidak, tubuhnya tahan dilindas mobil sehingga ia tetap hidup. Apa rahasianya?

Kumbang keji berkulit besi (Phloeodes diabolicus), begitu nama julukannya, habitatnya di Amerika Serikat dan Meksiko, di bawah kulit pohon atau bebatuan. Ia diketahui tidak mempan dipatuk burung, bahkan digilas dengan ban mobil Toyota Camry.

Ilmuwan yang penasaran pun meneliti bagaimana kulitnya bisa begitu tangguh dengan tujuan menerapkannya pada desain pesawat atau bangunan yang lebih kuat. "Kumbang ini super kuat," kata Pablo Zavattieri dari Purdue University, salah satu perisetnya.

Dikutip detikINET dari Associated Press, terungkap bahwa ia mampu menahan sampai 39 ribu kali berat tubuhnya. Spesies kumbang lain biasanya remuk hanya dengan tekanan sepertiga angka tersebut.

Sebagai ilustrasi lain, seorang pria seberat 90 kilogram jika punya kekuatan seperti kumbang ini, mampu bertahan walau ditimpa obyek seberat 3,6 juta kilogram.

Kemudian, digunakan mikroskop elektron dan CT scan untuk mengamati exoskeleton dan mencaritahu rahasia kekuatan si kumbang keji. Kumbang yang tak dapat terbang ini, punya pelindung bernama elytra di sayap depannya yang menguat seiring waktu. Tapi tidak hanya itu.

Kulitnya itu berlapis-lapis dan berpadu seperti bentuk gergaji. Ketika mengalami tekanan, struktur tubuhnya hanya mengalami perubahan bentuk secara perlahan-lahan, tidak langsung hancur seperti yang terjadi di spesies lain.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature ini, desain seperti tubuh si kumbang bisa menjadi inspirasi untuk merancang pesawat atau kendaraan dengan bahan pembuatan seperti baja atau plastik.

Menurut peneliti, struktur cangkang dari kumbang itu merupakan alternatif rancangan dari alam yang menarik dan elegan. Desain semacam itu disimpulkan dapat meningkatkan kekuatan dan ketangguhan material.



Simak Video "Berburu Kumbang Warna Warni Desa Ngaporan Kowel Pamekasan Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)