Rabu, 13 Nov 2019 07:59 WIB

Wacana Manusia 'Mutan' untuk Tinggali Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi pemukiman di Mars. Foto: BBC Magazine Ilustrasi pemukiman di Mars. Foto: BBC Magazine
New York - Beberapa pihak termasuk NASA dan SpaceX berencana untuk mendaratkan manusia di planet Mars, bahkan membangun koloni di sana. Salah satu masalah terbesarnya adalah bagaimana memastikan manusia bisa bertahan hidup di sana.

Dikutip detikINET dari International Business Times, lingkungan Mars yang begitu tandus dan dingin, belum lagi atmosfer yang amat tipis serta radiasinya berbahaya, sangat tidak ramah bagi manusia.

Secara psikologis, jarak yang begitu jauh dari Bumi, sekitar 3 tahun perjalanan, juga berbahaya bagi mental. Maka, ilmuwan ini melontarkan wacana kontroversial untuk merancang manusia 'mutan' yang diubah secara genetik agar mampu survive di planet Merah.


Menurut Chris Mason, ahli genetik dari Weill Cornell University, New York, manusia yang diubah secara genetik bisa menjawab tantangan di antariksa. Bahkan tak hanya untuk ke Mars, tapi lebih jauh lagi di sistem Tata Surya walau untuk itu, masih dibutuhkan waktu lama.

"Mungkin 20 tahun dari sekarang, saya berharap kita bisa berada dalam tahap di mana kita bisa menjadikan manusia yang dapat lebih baik dalam bertahan di Mars," sebutnya.

Skenarionya misalnya dengan 'mematikan' gen spesifik. Bahkan tengah dieksplorasi untuk mengkombinasikan DNA spesies seperti tardigrade, hewan terkuat di dunia, dengan sel manusia sehingga lebih tahan terhadap efek antariksa seperti radiasi.

Pengubahan gen akan membuat manusia bisa menjelajah lebih jauh di luar angkasa. Agar lebih etis, manusia yang diubah gennya ini tetap bisa hidup sebagaimana biasa di Bumi dan mampu bertahan dengan baik di Mars.


Wacana itu ditanggapi beragam, ada yang mempertanyakan apa jadinya manusia jika diubah gennya. "Horor dimulai. Dalam 500 tahun ke depan kita sudah tak seperti manusia," sebut seorang netizen.

"Apa yang paling bisa kita lakukan adalah dengan tidak merusak planet ini, bukannya malah mencari planet yang lain," tulis komentar berikutnya.

Simak Video "Prisia Nasution Rela Pangkas Rambut untuk Perankan Polwan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)