Lumba-lumba Kesayangan Hilang Bikin Kehebohan Besar

Lumba-lumba Kesayangan Hilang Bikin Kehebohan Besar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 21 Okt 2020 07:16 WIB
Fungie
Fungie. Foto: BBC
Irlandia -

Lumba-lumba dikenal sebagai hewan yang bisa akrab dengan manusia dan juga termasuk spesies paling cerdas. Maka ketika seekor lumba-lumba ikonik hilang, kehebohan besar pun terjadi dan banyak yang menumpahkan kesedihannya di media sosial.

Fungie, demikian nama lumba-lumba jenis hidung botol ini dengan nama ilmiah Tursiops truncatus. Sejak tahun 1983, dia muncul di perairan Dingle, Irlandia. Sejak saat itu, dia menjadi semacam selebriti karena suka bermain dengan manusia. Banyak turis datang ke sana hanya untuk berinteraksi dengan Fungi sehingga jadi berkah buat warga setempat.

Usia Fungi sekitar 37 tahun sampai 40 tahun. Selama ini, Fungie yang hidup sendiri tidak pernah pergi jauh dari Dingle, paling hanya beberapa jam. Maka ketika beberapa hari dia tidak tampak, warga mulai cemas dan pencarian besar-besaran dilakukan.

"Sungguh tidak biasa buat lumba-lumba ini. Paling lama dia pergi hanya beberapa jam. Dia belum pernah pergi selama ini sebelumnya. Kami hanya berharap dia baik-baik saja tapi ini mengkhawatirkan," kata Jimmy Flannery, salah satu operator kapal di sana.

"Di manapun kamu berada temanku, aku harap kamu aman dan bahagia dan terima kasih untuk semua tahun-tahun di mana kamu membawa kebahagiaan bagi banyak orang," kata pengelola Dingle Sea Safari.

Selama sekitar seminggu, beberapa kapal dan penyelam dikerahkan untuk mencari Fungie, tapi belum ketemu juga. Pencarian dihentikan untuk sementara karena ada cuaca buruk. Banyak yang cemas Fungi sudah tiada kena penyakit atau faktor usia, namun masih ada harapan.

"Masih ada harapan. Jika Fungi sudah pergi, kami mungkin sudah menemukannya di ceruk atau gua-gua. Maka belum ada berita adalah berita bagus," ujar Gary Brosnan, pemilik kapal yang ikut mencari sang lumba-lumba.