Nokia Hadirkan Koneksi 4G di Bulan

Nokia Hadirkan Koneksi 4G di Bulan

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 19 Okt 2020 07:48 WIB
markas NASA di Bulan
Nokia Hadirkan Koneksi 4G di Bulan. Foto: NASA
Jakarta -

Para astronaut yang sedang dalam misi mengeksplorasi Bulan, kini tidak akan kesulitan lagi berkomunikasi. Pasalnya, Nokia mendukung tugas mereka dengan menghadirkan koneksi 4G di sana.

Nokia Amerika memenangkan kontrak NASA untuk menyebarkan akses jaringan seluler di Bulan senilai USD 14,1 juta. Kerja sama ini merupakan bagian dari kontrak senilai USD 370 juta yang ditandatangani di bawah pilihan "Tipping Point" NASA untuk memajukan penelitian dan pengembangan eksplorasi ruang angkasa.

Dikutip dari Mashable, rencana Nokia di Bulan adalah membangun jaringan 4G/LTE yang nantinya bertransisi ke 5G, sama seperti kebutuhan komunikasi di Bumi. Ini akan menjadi sistem komunikasi 4G/LTE pertama di luar angkasa.

"Sistem ini dapat mendukung komunikasi di permukaan Bulan pada jarak yang lebih jauh, meningkatkan kecepatan, dan memberikan keandalan yang lebih dari standar saat ini," demikian pengumuman yang disampaikan NASA.


Lembaga riset Nokia, Bell Labs, memberikan detail lebih lanjut lewat thread di Twitter mengenai akses 4G di Bulan. Mereka bermaksud agar jaringan tersebut mendukung operasional wireless para penjelajah Bulan, serta lancar dalam bernavigasi dan video streaming.

"Jaringan ini dibangun agar padat dan efisien, serta dirancang khusus untuk tahan terhadap suhu ekstrem, radiasi dan kondisi ruang hampa," kata Nokia Bell Labs.

Sementara itu, NASA mengatakan jaringan tersebut akan diperluas ke pesawat ruang angkasa dan akan digunakan untuk membantu mengembangkan teknologi yang sesuai untuk di Bulan. Semua itu direncanakan untuk mendukung tujuan NASA yang berambisi memiliki pangkalan di Bulan pada tahun 2028.



Simak Video "Nokia akan Bangun Jaringan 4G/LTE di Bulan "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)