Toilet Rp 343 Miliar Untuk Buang Air di Luar Angkasa

Toilet Rp 343 Miliar Untuk Buang Air di Luar Angkasa

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 02 Okt 2020 19:54 WIB
Roket Antares
Foto: Dok. NASA
Jakarta -

Toilet seharga USD 23 juta atau sekitar Rp 343 miliar buatan NASA sudah mengangkasa menuju tujuannya, yaitu International Space Station (ISS).

Sistem toilet bernama Universal Waste Management System (UWMS) mengangkasa menggunakan kapsul Cygnus yang tersimpan dalam roket buatan Northrop Grumman bernama Antares.

UMWS nantinya akan dipasang di sebelah toilet yang saat ini sudah ada dan bakal diuji selama tiga bulan. Ke depannya toilet ini bakal menjadi opsi tambahan untuk buang air para astronaut yang ada di ISS.

Setelah ini, NASA masih akan mengembangkan toilet lain untuk kapsul Orion yang akan dipakai oleh para astronaut ke bulan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (2/10/2020).

UMWS punya ukuran 65% lebih kecil dan 40% lebih ringan dibanding toilet yang saat ini ada di ISS. Desain canggih toilet luar angkasa ini mencakup corong urin dan kursi yang diciptakan untuk bisa mengakomodasi astronaut perempuan.

Toilet ini juga memiliki dua kipas titanium yang bisa menciptakan aliran udara sangat kuat yang bisa mendorong urin dan buangan lainnya ke toilet meski tidak ada gravitasi.

Toilet luar angkasa NASA siap meluncur menuju ISSToilet luar angkasa NASA siap meluncur menuju ISS Foto: NASA

"Toilet ini dirancang untuk eksplorasi dan dikembangkan berdasarkan desain toilet luar angkasa sebelumnya," kata Project Manager Advanced Exploration Systems Logistics Reduction NASA Melissa McKinley dalam konferensi pers.

Desain titanium ini juga meningkatkan sistem pretreat yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengolah urine astronaut sebelum diproses dan didaur ulang menjadi air



Simak Video "Jepang Berharap Misi ke Bulan Bersama NASA"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)