Ide Kegiatan Selama di Rumah: Bantu NASA Patroli Planet

Jumat, 02 Okt 2020 06:20 WIB
Exoplanet
Ide Kegiatan Selama di Rumah: Bantu NASA Patroli Planet. Foto: NASA

Kalau kalian lelah terlalu sering di depan layar dan sedang mencari kegiatan baru yang bisa membantu melewati pandemi COVID-19 ini, mungkin bisa kalian pertimbangkan untuk membantu NASA melakukan patroli planet.

Ya, patroli planet. NASA baru saja meluncurkan program Planet Patrol. Keren kan kedengarannya? Jangan dikira program ini cuma lucu-lucuan. Kalian akan benar-benar terlibat dalam sebuah tugas penting untuk menemukan exoplanet atau planet di luar tata surya. Proyek ini meminta kalian sebagai astronom amatir untuk meneliti foto-foto yang mungkin terdapat planet asing yang belum ditemukan.

Adapun foto-fotonya berasal dari Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) yang diluncurkan pada 2018. TESS telah mengambil ratusan ribu gambar langit malam menggunakan empat kameranya untuk mencari exoplanet. Jadi, data yang harus diteliti astronom profesional ini begitu banyak. Foto-foto ini harus diteliti secara manual karena NASA tidak mempercayai algoritma komputer untuk melakukan semua pekerjaan itu. Karenanya, mereka memutuskan untuk meminta bantuan kalian.

"Metode pemrosesan data otomatis TESS terkadang gagal menangkap tipuan yang terlihat seperti exoplanet. Mata manusia lebih pandai menemukan hal seperti itu, dan kami membutuhkan astronom amatir membantu kami membedakan antara planet yang mirip dan yang asli," kata pemimpin proyek pencarian exoplanet Veselin Kostov dari Goddard Space Flight Center NASA.

Peran kalian dalam patroli planet cukup mudah. Disebutkan NASA melalui websitenya, peserta akan membantu Kostov dan timnya menyaring gambar TESS yang kemungkinan terdapat exoplanet.

"Peserta akan menjawab serangkaian pertanyaan untuk masing-masing foto, misalnya apakah gambar tersebut punya banyak sumber cahaya, atau apakah cahayanya menyerupai cahaya yang menyimpang dari cahaya bintang. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu para peneliti mempersempit daftar kemungkinan planet untuk studi lanjutan lebih lanjut," demikian seperti dikutip dari website NASA.

Jika kalian berhasil menemukan contoh dari sesuatu yang berpotensi mengubah kecerahan dan posisi sebuah objek langit, tanda-tanda ini mungkin adalah karakteristik penurunan cahaya bintang saat sebuah planet lewat di depan Matahari selama orbitnya. Dengan kata lain, kalian mungkin saja menemukan exoplanet. Untuk tahu bagaimana cara kerjanya, kalian bisa tonton video di bawah ini. Kalian tertarik ikut?

[Gambas:Youtube]