Gambar Planet Mirip Bumi yang Mungkin Dihuni Alien

Gambar Planet Mirip Bumi yang Mungkin Dihuni Alien

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 28 Agu 2020 06:34 WIB
This artist’s impression shows a view of the surface of the planet Proxima b orbiting the red dwarf star Proxima Centauri, the closest star to the Solar System. The double star Alpha Centauri AB also appears in the image to the upper-right of Proxima itself. Proxima b is a little more massive than the Earth and orbits in the habitable zone around Proxima Centauri, where the temperature is suitable for liquid water to exist on its surface.
Ilustrasi permukaan planet Proxima b. Foto: ESO/M. Kornmesser/
Jakarta -

Lembaga antariksa NASA baru saja membagikan gambar ilustrasi planet yang punya kemiripan dengan Bumi, bahkan ada kemungkinan dihuni oleh makhluk hidup alias alien. Planet tersebut dinamakan sebagai Proxima b yang mengorbit pada bintang Alpha Centauri AB.

Tampak dalam ilustrasi itu, terdapat bukit dan lembah di Proxima b, serta bintangnya terlihat jelas dalam warna kemerahan. Eksistensi planet itu diketahui sejak 4 tahun yang lalu.

"Ditemukan pada 2016, planet yang seukuran Bumi mengorbit pada bintang terdekat kita dan mungkin saja dapat dihuni, menurut astronom yang menemukannya dengan teleskop European Southern Observatory di La Silla, Chile, bersama teleskop lain di berbagai belahan dunia," tulis NASA.

Potensi mendukung kehidupan di planet ini adalah karena kemungkinan ada air mengalir di permukaannya. "Exoplanet ini berada dalam jarak dengan bintangnya di mana memungkinkan temperatur cukup sedang untuk air dalam keadaan cair di permukaannya," papar NASA.

"Impresi dari seniman ini menampakkan pemandangan permukaan dari planet Proxima b yang mengorbit bintang katai merah Proxima Centauri, yaitu bintang terdekat dengan Tata Surya kita. Proxima b sedikit lebih masif dari Bumi dan mengorbit di zona habitat Proxima Centauri," pungkas NASA.

Proxima Centauri 'hanya' berada 4,2 tahun cahaya dari Bumi, atau sekitar 40 triliun km. Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies, pernah meneliti soal planet Proxima b.

"Pesan utama dari simulasi yang kami lakukan adalah terdapat peluang yang baik bagi planet tersebut untuk bisa dihuni," ujar Del Genio.

Meski demikian, masih banyak yang belum diketahui mengenai Proxima b. Del Genio sendiri yang mengakui hal tersebut. "Pertama, kami tidak tahu apakah Prox b memiliki atmosfer. Tanpa itu, kehidupan tidak akan eksis," ucapnya



Simak Video "Misi Heliofisika Disetujui, NASA Bersiap Eksplorasi Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)