Hebat! Uni Emirat Arab Akan Luncurkan Misi ke Bulan

Hebat! Uni Emirat Arab Akan Luncurkan Misi ke Bulan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 16:20 WIB
Bulan Purnama
Setelah Mars, Uni Emirat Arab Akan Luncurkan Misi ke Bulan Foto: AP
Jakarta -

Uni Emirat Arab berencana mengirimkan wahana pendarat (lander) dan robot penjelajah (rover) menuju Bulan pada tahun 2024. Rencana ini diumumkan langsung oleh Wakil Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum lewat cuitan di akun Twitter pribadinya.

"Kami akan meluncurkan misi Arab pertama menuju Bulan pada 2024," kata Sheikh Mohammed dalam cuitannya, seperti dikutip detikINET dari Al Jazeera, Rabu (30/9/2020).

"Rover bulan ini akan mengirimkan gambar dan data dari area baru di Bulan yang belum pernah dijelajahi oleh misi sebelumnya. Data yang dikumpulkan akan dibagi dengan pusat dan institusi penelitian global," sambungnya.

Wahana lander tersebut akan diberi nama Rashid mengikuti nama mendiang ayahnya, Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum. Sedangkan rover yang digunakan untuk menjelajahi Bulan akan sepenuhnya dibangun oleh teknisi UEA dan dibangun di sana.

Hal ini berbeda dengan misi Amal yang sebelumnya diterbangkan menuju Mars yang dikembangkan bersama dengan beberapa kampus asal Amerika Serikat dan dibangun di University of Colorado.

Jika berhasil pada tahun 2024, UEA akan menjadi negara keempat yang sukses mendaratkan wahana antariksa di Bulan, setelah AS, Uni Soviet dan China.

Sebelumnya India, Israel dan Jepang pernah mencoba melakukan misi yang sama, tapi tidak berhasil mendarat di Bulan

Pengumuman ini dibuat Sheikh Mohammed hanya beberapa bulan setelah UEA meluncurkan misi Amal menuju Mars. Wahana antariksa tersebut diperkirakan akan tiba di Mars pada Februari 2021, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan UEA yang ke-50.

Wahana antariksa tersebut akan mulai mengirimkan data ke Bumi pada September 2021. Data yang mencakup situasi atmosfer Mars tersebut akan tersedia untuk komunitas sains internasional.



Simak Video "Bioskop di Uni Emirat Arab Mulai Kedatangan Film Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)
Debat Capres AS