Reality Show Ini Hadiahnya Jalan-jalan ke Luar Angkasa

Reality Show Ini Hadiahnya Jalan-jalan ke Luar Angkasa

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 19 Sep 2020 07:56 WIB
Teka-teki lubang kecil di pesawat ruang angkasa Soyuz yang merapat ke ISS
Reality Show Ini Hadiahnya Jalan-jalan ke Luar Angkasa Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Rumah produksi Space Hero Inc. berencana memproduksi reality show di mana pemenangnya akan mendapatkan hadiah utama jalan-jalan dan menginap di International Space Station (ISS) selama 10 hari. Pemenang acara televisi ini akan diterbangkan ke ISS pada 2023.

Dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (19/9/2020) reality show bernama Space Hero ini akan memilih kontestan dari seluruh dunia dari berbagai latar belakang yang memiliki kecintaan terhadap eksplorasi luar angkasa.

Nantinya kontestan yang terpilih akan mengikuti sejumlah tantangan yang mirip seperti pelatihan astronaut, termasuk tantangan fisik, mental dan emosi. Untuk menentukan pemenangnya, produser berencana melakukan episode yang disiarkan secara langsung dan akan mengundang penonton dari seluruh dunia untuk memilih pemenangnya secara langsung.

Program reality show ini juga akan mendokumentasikan perjalanan pemenangnya, termasuk peluncuran, masa tinggal mereka di ISS selama 10 hari, serta perjalanan pulang ke Bumi dan pendaratannya.

Untuk mengatur semua perjalanan ke luar angkasa, Space Hero bekerjasama dengan perusahaan antariksa Axiom Space, startup yang berencana membangun stasiun luar angkasa komersial. Axiom Space akan menyediakan pelatihan astronaut hingga mencarikan mereka kursi di roket yang mengantarkan astronaut ke ISS.

"Kami berharap dapat membantu misi Space Hero dan memperluas kehadiran manusia di luar angkasa," kata Axiom Space dalam keterangan resminya.

Laporan awal menyebutkan pemenang reality show ini akan diterbangkan menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX. Tapi Axiom Space mengatakan mereka belum menentukan mitra peluncuran.

Space Hero juga bekerja sama dengan NASA untuk melibatkan pendidikan STEM dalam program ini.

Tidak diketahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan turis ke luar angkasa. Tapi SpaceX mematok harga tiket sekitar USD 50 juta untuk mengantarkan satu astronaut menuju ISS.

Space Hero bukan satu-satunya proyek Hollywood yang ingin menjadikan ISS sebagai lokasi shooting. Beberapa bulan yang lalu, NASA mengumumkan mereka sedang bekerja sama dengan Tom Cruise untuk membuat film di laboratorium luar angkasa tersebut.



Simak Video "Astronaut Beberkan Cara Pakai Toilet di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)