NASA Langsung Prioritaskan Venus Setelah Tanda Kehidupan Ditemukan

NASA Langsung Prioritaskan Venus Setelah Tanda Kehidupan Ditemukan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 17 Sep 2020 09:10 WIB
Venus: Benarkah ada kehidupan di langit planet yang bersuhu sekitar 400 derajat celsius?
NASA Langsung Prioritaskan Venus Setelah Tanda Kehidupan Ditemukan Foto: BBC Magazine
Jakarta -

NASA memiliki banyak misi penting yang menjadi prioritas. Mulai dari misi eksplorasi Mars yang terus berjalan hingga rencana ambisius untuk kembali mendaratkan astronaut di Bulan pada 2024.

Sekarang mereka akan memiliki satu kesibukan baru yaitu Venus. Administrator NASA Jim Bridenstine mengatakan NASA akan menjadikan Venus sebagai prioritas setelah tanda kehidupan alien ditemukan di planet itu.

Pengumuman ilmuwan yang menemukan senyawa kimia fosfin di awan Venus telah memicu spekulasi bahwa mikroorganisme asing mungkin hidup di planet yang terlihat tidak ramah ini. Di Bumi, fosfin dikaitkan dengan mikroba tertentu.

Dalam cuitannya, Bridenstine mengatakan temuan ini merupakan perkembangan paling signifikan dalam mencari kasus kehidupan di luar Bumi.

"Sekitar 10 tahun yang lalu NASA menemukan kehidupan mikroba di ketinggian 120.000 kaki di atmosfer atas Bumi. Ini saatnya untuk memprioritaskan Venus," tulis Bridenstine dalam cuitannya seperti dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (17/9/2020).

Venus sebenarnya bukan planet yang tidak pernah dijamah sebelumnya. NASA, ESA, JAXA dan Uni Soviet sebelumnya pernah mengirimkan misi untuk mengamati planet kedua dari matahari tersebut, tapi NASA memang tidak terlibat dalam penelitian terbaru ini.

"Seiring dengan bertambahnya jumlah objek planet, Venus terbukti menjadi tempat penemuan yang menarik, meskipun tidak menjadi bagian penting dalam pencarian kehidupan karena suhu ekstrem, komposisi atmosfer dan faktor lainnya," tulis NASA dalam keterangan resminya menanggapi temuan ini.

NASA juga telah mempertimbangkan beberapa misi untuk mengamati Venus lebih dekat. Lewat Discovery Program, badan antariksa AS tersebut sedang mempertimbangkan dua misi yang bertujuan untuk meneliti atmosfer dan permukaan Venus.

Tonton video "Ada Tanda-tanda Kehidupan, Planet Venus Langsung Jadi Prioritas NASA"

[Gambas:Video 20detik]

(vmp/afr)