Sosok Ilmuwan Pembelot dan Pembocor Virus Corona China

Sosok Ilmuwan Pembelot dan Pembocor Virus Corona China

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 16:48 WIB
Dr Li Meng Yan, ilmuwan pakar virus yang membelot ke Amerika
Sosok Ilmuwan Pembelot dan Pembocor Virus Corona China (Foto: New York Post)
Jakarta -

Seorang ilmuwan China yang membelot, membuat heboh dengan mengatakan Virus Corona adalah buatan manusia dari Wuhan. Siapakah dia?

Namanya adalah Dr Li Meng Yan. New York Post memberitakan kalau Dr Li Meng Yan mengatakan Virus Corona adalah buatan dari laboratorium di Wuhan. Sontak semua geger.

Siapakah orang ini? Dalam penelusuran detikINET dari berbagai sumber, Senin (14/9/2020) Dr Li Meng Yan bisa dikatakan sebagai seorang ilmuwan China yang membelot ke Amerika.

Dia tadinya adalah dokter di Hong Kong School of Public Health di University of Hong Kong. Bidangnya tentu saja adalah riset terkait virus atau virologi. Di luar itu, tidak ada informasi lain yang bisa dicari di internet terkait Li Meng Yan.

Yang muncul adalah, kisahnya kabur ke Amerika. Semua diawali ketika pada akhir Desember 2019, dirinya diminta supervisornya Dr Leo Poon untuk meneliti klaster kasus mirip SARS di China daratan.

Men Yan menghubungi koleganya di Center for Disease Control and Prevention China. Pada saat itu, sudah diberitahu bahwa virus tersebut dapat menular antar manusia, sebelum China dan WHO akhirnya mengakuinya. Ketika supervisornya diberitahu soal informasi yang ia dapat, tidak ada tindakan lanjutan dan Meng Yan diminta tetap meneliti.

Pada 9 Januari 2020, WHO mengatakan ada wabah penyakit berdasarkan laporan China, tapi belum disebut penularan antar manusia. Kolega Meng Yan berhenti memberikan informasi, Dr Lee Poon meminta Meng Yan hati-hati dan tetap diam.

Di situlah ilmuwan China ini mulai berencana kabur ke Amerika Serikat. Meng Yan tampaknya membuat kontak dengan beberapa pihak di Amerika Serikat untuk menjamin keselamatannya dan bisa bersembunyi.



Simak Video "Temuan Seputar Varian Omicron yang Perlu Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]